Cara Membuat Shampoo Alami untuk Rambut Berminyak

Cara Membuat Shampoo Alami untuk Rambut Berminyak

Tidak ada waktu untuk melakukan perawatan rambut ? Padahal rambut terasa berminyak dan tidak segar lagi ? Mungkin dry shampoo atau sampo kering bisa menjadi solusi bagi Anda. Dry shampoo merupakan sampo kering, yang pemakaiannya tidak perlu dibilas. Berbeda dengan sampo cair yang harus dibilas dengan air, penggunaan sampo kering hanya dengan menaburkannya pada rambut dan kulit kepala. Sebenarnya dry shampoo sudah ada sejak jaman Victorian, para gadis pada zaman itu menggunakan berbagai tepung ke area rambut untuk membuat rambut mereka indah. Dry shampoo versi modern dirancang hampir sama dengan yang dipakai nenek moyang terdahulu, yakni formula bertekstur bubuk dengan aroma yang wangi. Sampo kering biasanya terdiri dari tiga bentuk, bubuk, cairan, dan semprot.

Sampo kering bekerja dengan cara menyerap minyak dari kulit kepala dan rambut. Membuat rambut terlihat segar seperti telah dicuci. Tapi ingat, sampo kering tidak tepat digunakan secara teratur. Anda harus tetap mencuci rambut Anda dengan air, karena sampo kering hanya digunakan sebagai sarana memperpanjang waktu pencucian rambut atau digunakan dalam keadaan darurat saja. Kali ini, mbak cantik akan berbagi tips cara membuat shampoo alami yang berjenis kering bubuk (dry shampoo) di rumah, yang praktis, aman, dan tidak menguras kantong.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1/4 cangkir tepung jagung
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • 2-4 tetes minyak esensial
  • wadah plastik dengan tutup

Cara Pembuatan :

  • Tempatkan 1/4 cangkir tepung jagung ke dalam wadah
  • Tambahkan 2 sendok makan coklat bubuk dan aduk rata. Jika rambut anda bewarna gelap, anda bisa menambahkan lebih banyak coklat bubuk.
  • Selanjutnya tambahkan 2-4 tetes minyak esensial favorit Anda.
  • Tutup wadah dan kocok sampai semua bahan tercampur

Dry shampoo/sampo kering pun siap untuk digunakan.

Cara Penggunaan :

Usapkan sampo kering pada akar rambut anda, anda dapat menggunakan dry shampoo dengan bantuan kuas dan sisir. Sisir dan pisahkan rambut anda menjadi beberapa bagian dan usapkan ke kulit kepala anda. Kemudian lakukan pemijatan dari kulit kepala sampai ke rambut dan sekitarnya, kemudian tunggu sekitar dua menit sampai sampo kering menyerap. Setelah itu, bersihkan dengan cara menyikat atau menyisir kulit kepala dan rambut anda sampai sampo kering hilang.

Gimana Ladies ?? Mudah bukan ? Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *