Cara Membuat Toner Wajah Alami dari Cuka Apel

Cara Membuat Toner Wajah Alami dari Cuka Apel

Mengapa Kita butuh Toner ?

Toner wajah merupakan langkah penting dalam melakukan perawatan wajah. Toner dapat dikatakan sebagai pembersih wajah ringan yang akan memberikan 3 manfaat pada kulit wajah sekaligus yaitu membersihkan, merawat dan melembabkan. Mbak Cantik akan berbagi tips, bagaimana cara membuat toner alami dari cuka apel yang murah, gampang, dan aman pada wajah. Sebelum kita membuat toner cuka apel, cari tahu dulu yuk manfaatnya.

Baca Juga : Daftar Lengkap Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Wajah

Manfaat Toner Wajah dari Cuka Apel

Apel merupakan buah yang mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk tubuh, khususnya kulit. Apel dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat dijadikan jus dengan dikombinasikan buah lainnya. Fermentasi sari buah apel ini memiliki kandungan yang berguna untuk rambut, kulit, serta kuku. Contohnya kandungan betakaroten yang dapat menutrisi kulit dan rambut sehingga lebih halus dan berkilau. Selain itu, pH cuka apel juga seimbang sama seperti kulit manusia sehingga dapat membantu mengembalikan pH kulit kita seperti semula.

Cuka apel merupakan salah satu bahan perawatan kecantikan favorit para selebrity dunia, salah satunya adalah Scarlett Johansson yang memiliki masalah kulit sensitif dan minyak berlebih, dia sering sekali mengalami masalah jerawat pada wajah yang berminyak. Namun setelah sering menggunakan cuka apel sebagai toner wajah masalah itupun perlahan berhasil teratasi.

Cuka apel mengandung alpha-hydroxy acid yang dapat membantu mengatasi sumbatan pada pori pori kulit. Hydroxys menghilangkan lapisan terluar sel kulit mati sehingga saat Anda rutin menggunakan toner dari cuka apel Anda akan merasakan perubahan kulit yang lebih bersih dari komedo, pori pori mengecil dan yang lebih penting lagi wajah Anda tampak lebih Glowy 🙂 . Selain membantu mengatasi sumbatan pada pori pori yang merupakan sumber dari segala masalah kulit, Toner cuka apel juga memiliki manfaat berikut ini :

  • Meratakan warna kulit
  • Melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar matahari
  • Menghilangkan sel-sel kulit mati
  • Mengecilkan pori-pori kulit
  • Menghilangkan jerawat
  • Menghilangkan bekas luka

Cara Membuat Toner Wajah Alami dari Cuka Apel

Bahan yang diperlukan:

  • 2 sendok makan cuka apel
  • 4 sendok makan air

Ini merupakan resep dasar dari toner cuka apel. Jangan ragu untuk bermain dengan rasio sampai kamu menemukan rasio yang cocok sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk kulit normal, kami menggunakan perbandingan 1 : 2. 1 untuk cuka apel, dan 2 untuk air, Ladies kamu bisa menambahkan air jika merasa cuka apel terlalu pekat. Namun jika sudah dirasa Anda terbiasa menggunakan toner cuka apel untuk wajah. Anda bisa menambah kekentalan cuka apel dengan perbandingan 1 : 1 , 2 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air.

Caranya, cukup masukan cuka apel dan air ke dalam botol kecil.

Cara Penggunaan :

Kocok sebelum digunakan, Gunakan kapas, lalu usapkan pada wajah. Berhati-hatilah di area sekitar mata. Tunggu beberapa menit sebelum pelembab seperti biasa. Hal ini dapat disimpan pada suhu kamar. Anda bisa juga langsung mengoleskan cuka apel tanpa campuran di seluruh wajah Anda atau pada bagian yang berjerawat saja. Namun bagi yeng memiliki kulit sensitif sebaiknya cuka apel di campur dengan air, madu atau carrier oil.

Amankan penggunakan cuka apel pada kulit ?

Pertanyaan ini umum terjadi jika Anda akan menggunakan bahan perawatan kecantikan baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Untuk mengatasi keraguan apakah cuka apel aman untuk kulit sebiknya anda mengoleskan sedikit cuka apel di kulit dekat wajah tapi di area yang tidak terlihat seperti di leher bagian bawah. Tunggu sampai 24 jam jika tidak terjadi perubahan pada kulit seperti kulit memerah, gatal atau reaksi lain yang menunjukkan alergi maka cuka apel aman digunakan untuk merawatan kulit Anda.

• Note: Cuka apel memiliki bau yang sedikit menyengat, tapi percayalah ladies bau akan hilang ketika toner cuka apel mongering dan kamu akan puas setelah melihat hasilnya rutin menggunakan cuka apel minimal 10 hari. Gampang kan ladies ? Selamat mencoba, saatnya tampil cantik alami tak perlu cream & perawatan yang mahal ya sobat ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *