Cara Memperlambat Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit pengeroposan tulang yang terjadi karena bertambahnya usia. Resiko terserang osteoporosis lebih besar pada perempuan karena menurunnya hormon estrogen secara drastis. Bahkan pada wanita, osteoporosis terjadi secara cepat dalam sepuluh tahun pertama pascamenapouse, kemudian prosesnya akan melambat. Meskipun tulang sebenarnya merupakan organ tubuh yang dinamis, pada penderita osteoporosis proses perusakan tulang jauh lebih aktif daripada proses pembentukan tulang sehingga terjadi penurunan masa tulang yang menyebabkan terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Osteoporosis dapat dideteksi dengan pemeriksaan densitometri atau tes kepadatan massa tulang, meskipun biasanya osteoporosis baru diketahui ketika pasien mengalami patah tulang. Anda pun patut curiga terkena osteoporosis jika terdapat tanda-tanda seperti patah tulang karena trauma ringan, tubuh makin pendek atau membungkuk dan nyeri tulang yang merata. Nyeri di persendian tidak selalu berarti osteoporosis karena osteoporisis terjadi di tengah ruas tulang dan tidak menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit di persendian bisa disebabkan oleh gejala osteoarthritis atau proses menipisnya lapisan tulang rawan pada sambungan tulang sehingga tulang saling bergesekan tanpa diredam oleh tulang rawan.

Ladies, osteoporosis ternyata tidak hanya disebabkan oleh pertambahan usia lho. Gaya hidup yang buruk, asupan gizi yang kurang atau sedikitnya aktivitas ternyata dapat mempercepat terjadinya osteoporosis. Namun osteoporosis juga dapat diperlambat, yuk simak cara-cara memperlambat penyakit osteoporosis:

Asupan kalsium
Tahu dong bahwa kalsium sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang? Orang dewasa membutuhkan 800-1200 mg kalsium setiap hari. Tercukupinya kebutuhan kalsium akan membuat seseorang mempunyai tabungan kalsium yang dapat digunakannya setelah melewati usia puncak pertumbuhan tulang di usia 35 tahun.

Gaya hidup
Ladies sering enggan berjalan kaki atau menghindari terkena cahaya matahari pagi? Ternyata kebiasaan berjalan kaki sangat baik bagi kesehatan tulang. Jalan kaki bagus untuk melatih tulang. Selain itu paparan sinar matahari pagi selama lima hingga lima belas menit cukup untuk menutrisi vitamin D bagi tubuh. Nah, sering-sering berjalan kaki atau merasakan cahaya matahari pagi ya ladies. Tidak perlu bersusah payah untuk meluangkan waktu khusus untuk berjalan kaki. Anda dapat memanfaatkan kegiatan sehari-hari untuk berjalan kaki. Misalnya memarkir mobil sedikit lebih jauh dari tempat belanja kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau sekedar berjalan-jalan di seputar area kantor ketika jam istirahat tiba.

Latihan fisik
Latihan fisik sangat diperlukan untuk melatih tulang. Berjalan kaki, berenang atau bersepeda adalah aktivitas fisik yang sangat dianjurkan untuk melatih kekuatan tulang. Luangkan waktu selama beberapa menit untuk melakukan latihan fisik agar manfaatnya semakin terasa.

Senam osteoporosis
Senam osteoporosis meliputi senam pencegahan dan senam terapi osteoporosis. Senam tersebut bertujuan untuk mencegah atau mengobati osteoporosis. Senam osteoporosis biasanya disediakan oleh beberapa rumah sakit.

Nah ladies, mudah bukan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlambat osteoporosis :-)?

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation