Cara Mengatasi Bau Kaki

ctk79

Tumit sudah cantik, kaki sudah mulus, sepatu pun sudah matching dengan pakaian, tapi koq… bau kaki. Aduh nggak banget ya, sist. Bisa bikin orang lain ilfil tuh. Tapi memang masalah bau kaki itu gampang-gampang susah, simak deh ulasan berikut ini.

Mengapa timbul bau kaki?
Bukan keringat pada kaki yang menimbulkan bau. Bau kaki terjadi akibat pertumbuhan bakteri dan jamur pada kaki yang lembab karena keringat. Pembusukan oleh bakteri tersebut lah yang akhirnya akan menimbulkan bau kaki.

Penyebab bau kaki
Bau kaki timbul ketika sepatu yang sista gunakan lembab akibat keringat. Sepatu yang sirkulasi udaranya kurang baik akan menyebabkan keringat berlebih pada kaki. Selain itu sepatu yang penyimpanannya di tempat yang lembab juga dapat memicu pertumbuhan bakteri. Pengeringan sepatu yang kurang tepat setelah mencucinya juga bisa lho jadi media subur pertumbuhan bakteri.

Cara mengatasi :
1. Menjaga kebersihan kaki
Cucilah kaki dengan sabun dan seminggu sekali lakukanlah pengelupaan sel-sel mati dengan scrub. Jika tidak sempat, setidaknya saat mandi bersihkanlah kaki sampai sela-selanya dengan sabun. Jangan lupa juga untuk rajin memotong kuku kaki. Kuku kaki merupakan tempat paling nyaman bagi bakteri untuk tinggal. Lakukan penyikatan menggunakan sikat gigi atau sikat lembut pada ujung dan sela kuku kaki agar kotoran kaki benar-benar terangkat.

2. Menjaga agar kaki tetap kering
Setelah mencuci kaki atau mandi, keringkanlah kaki dengan baik terutama daerah sela-sela jari kaki. Sista juga bisa menggunakan bedak anti jamur untuk menjaganya tetap kering.

3. Menjaga kebersihan sepatu dan kaus kaki
Kaki yang telah dicuci bersih tetap akan menimbulkan bau kaki jika sepatu atau kaus kaki yang sista kenakan tidak bersih. Cucilah sepatu seminggu sekali dan keringkan dengan baik. Gantilah kaus kaki setiap hari jika memungkinkan. Selain itu pilihlah bahan sepatu dan kaus kaki yang nyaman, memungkinkan terjadinya sirkulasi udara, dan mudah dicuci.

4. Kenakan krim khusus kaki
Krim khusus kaki ini akan melembutkan kulit kaki sista sehingga bakteri akan sulit bersembunyi di sela-selanya. Krim ini juga memiliki aroma yang cukup dapat menyamarkan bau kaki.

5. Kenakan spray khusus kaki
Spray khusus kaki memang digunakan khusus untuk mengatasi bau kaki. Semprotkan spray sesaat sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu. Sealin memiliki aroma yang dapat mengharumkan kaki, spray khusus kaki biasanya juga memiliki efek antibakteri yang akan menekan pertumbuhan bakteri.

6. Gunakan soda kue
Pastikan sepatu sista dalam keadaan kering. Masukkan ke dalamnya dua sendok teh sampai satu sendok makan soda kue. Biarkan semalaman lalu saat pagi hari hendak digunakan, sedot soda kue menggunakan mesin penyedot debu vacuum cleaner. Soda kue akan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat menimbulkan bau kaki.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation