Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Bahan Alami

woman checking wrinkles around the eyes, close up

Mata panda atau kantung mata merupakan salah satu masalah yang banyak ditemukan dan menjadikan orang tidak percaya diri. Banyak yang sudah melakukan berbagai cara untuk mengyingkirkannya tetapi ternyata hanya sementara dan mata panda pun kembali menyapa.

Jika hal itu terjadi memang sangat menjengkelkan, lalu sebenarnya apa penyebab munculnya mata panda sehingga dapat sangat mengganggu banyak orang? Tenang karena kali ini akan dibahas tentang penyebab mata panda dan cara menyingkirkannya lho. Daripada penasaran ini dia berbagai penyebab mata panda dan cara menyingkirkannya. Tetapi ketahui dulu apa sih mata panda atau dark circle itu.

Apa itu Mata Panda?

Memang lucu kalau mata panda yang dimaksud adalah milik panda dalam artian yang sebenarnya, tetapi tidak jika mata panda itu adalah lingkaran hitam atau dark circle di bawah mata kan sobat cantik? Yang ada malah membuat kita jengkel karena membuat penampilan terlihat tidak sehat. Jadi, mata panda adalah warna hitam kebiruan yang membentuk setengah lingakaran di bawah mata. Mata panda ini akan membuat sobat cantik jadi terlihat lebih tua, lelah, stress, sakit, depresi, dan hal-hal buruk lainnya. Nah, untuk mengantisipasi munculnya mata panda sobat cantik bisa lho untuk tidur dengan cukup.

Penyebab Mata Panda

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya mata panda atau kantung mata. Nah, ini dia faktor-faktornya.

Genetika

Coba deh sobat cantik tanyakan pada orangtua, apakah salah satu dari mereka ada yang memiliki mata panda. Jika iya, berarti mata panda yang sobat cantik milikipun terjadi karena faktor genetika.

Penuaan

Jika kulit di sekitar mata sobat cantik halus dan tipis dan seiring bertambahnya usia, kulit pun menjadi bertambah tipis sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebih menonjol.

Kebiasaan yang Tidak Sehat

Merokok dan mengkonsumsi alkohol merupakan penyebab munculnya mata panda. Merokok secara berlebihan akan membuat pembuluh darah tampak lebih menonjol, sehingga menyebabkan mata panda. Jadi, yang suka merokok dan mengkonsumsi alkohol segera berhenti ya. Selain itu, sobat cantik usahakan untuk menghindari minuman berkafein.

Defisiensi Nutrisi

Kekurangan nutrisi atau gizi dan diet yang buruk juga dapat menyebabkan munculnya mata panda lho sobat cantik. Jadi, jika sobat cantik sedang melakukan diet harian tetapi kekurangan vitamin dan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, sobat cantik akan memiliki mata panda.

Lelah dan Kurang Tidur

Tidur yang kurang dan lelah dapat menyebabkan munculnya mata panda juga sobat cantik. Karena kurang tidur akan mebuat kulit sobat cantik nampak pucat ini disebabkan mata panda menjadi lebih menonjol. Jadi, pastikan sobat cantik tidur 8 jam sehari dengan nyenyak.

Perubahan Hormon

Hamil, pasca hamil, dan menstruasi juga dapat menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh. Perubahan hormon yang diikuti dengan perubahan gaya hidup dapat membuat stress sekaligus menyebabkan munculnya mata panda.

Dehidrasi

Nah, sobat cantik tidak mau kan punya mata panda? Jadi, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air dalam sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Berikut ini cara untuk menghilangkan Kantung Mata Secara Tradisional

Almond Oil

 

Minyak Almond untuk mengatasi kantung mata hitam

Almond oil merupakan sumber vitamin E yang sangat baik. Almond oil dapat digunakan sebagai emolien karena memiliki sifat membuat kulit menjadi lembut dan kenyal.

Gunakan beberapa tetes almond oil untuk dioleskan di bawah mata sambil pijat perlahan. Diamkan semalaman dan cuci bersih di pagi hari. Lakukanlah perawatan ini setiap malam sebelum tidur. Jika dilakukan secara rutin selama 2 bulan Insya Alloh kantung mata dan mata panda Sobat akan berkurang dan bisa hilang lho.

Argan Oil

Argan oil memiliki sifat yang sangat ringan sehingga mudah diserap kulit. Argan oil juga memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu dalam menyembuhkan jaringan kulit di bawah mata serta mencerahkannya kembali. Tidak hanya bagus untuk menyingkirkan mata panda, argan oil juga sangat baik untuk mengurangi keriput dan garis halus. Gunakan beberapa tetes argan oil lalu oleskan di bawah mata sambil ditekan-tekan dengan lembut. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur.

Grapeseed Oil

Minyak Biji Anggur untuk kantung mata

 

Memiliki kandungan flavonoid yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan, membuat grapeseed oil menjadi minyak esensial yang ampuh dalam menyingkirkan mata panda.

Gunakan 2-3  tetes grapeseed oil untuk dioleskan di bawah mata sambil pijat perlahan selama 1-2 menit. Lakukan perawatan ini dua kali sehari. Rutinkan selama 2 bulan Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jojoba Oil

Jojoba oil memiliki sifat meremajakan kulit sekaligus dapat meningkatkan kesehatan serta warna kulit yang kusam menjadi cerah alami. Selain itu, jojoba oil juga akan menutrisi bagian bawah mata yang kekurangan gizi. Jojoba oil juga mengandung asam lemak sehat yang akan menutrisi dan melembabkan kulit.

Gunakanlah beberapa tetes jojoba oil lalu oleskan di bawah mata sambil dipijat pelan selama 1-2 menit. Diamkan semalaman, ulangilah perawatan ini setiap hari sebelum tidur.

Rosehip Oil

Vitamin E dan A yang terkandung dalam rosehip oil membantu dalam hal regenerasi selular. Asam lemak dalam rosehip oil akan menutrisi kulit, sedangkan kandungan antioksidannya akan meremajakan kulit di bawah mata.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 15 ml rosehip oil
  • 10 tetes lavender oil
  • 5 tetes lemon oil
  • 1-2 sdm gel lidah buaya

Cara membuat dan pemakaian:

  • Campur semua bahan sampai rata lalu masukkan ke dalam botol yang bersih.
  • Gunakan beberapa tetes campuran tadi untuk dioleskan di bawah mata sambil dipijat secara perlahan selama 1-2 menit.
  • Diamkan semalaman. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur selama sekitar 2-3 minggu.

Coconut Oil

Memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit menjadikan coconut oil sebagai pelembab sekaligus meningkatkan kesehatan kulit sehingga dapat dengan mudah mengatasi mata panda.

Gunakanlah beberapa tetes dari virgin coconut oil untuk memijat bagian bawah mata searah jarum jam lalu ganti kea rah sebaliknya. Lakukan pemijatan selama 2 menit dan diamkan semalaman. Ulangilah perawatan ini setiap malam sebelum tidur.

Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun kaya akan senyawa sehat dengan sifat antioksidan dan anti inflamasi yang mampu menjaga kulit bawah mata tetap sehat. Minyak zaitun mengandung asam lemak sehat yang akan menghidrasi serta menutrisi kulit yang sensitif di bawah mata.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Beberapa tetes minyak zaitun
  • Sedikit bubuk kunyit

Cara membuat dan pemakaian:

  • Campur kedua bahan sampai rata lalu oleskan di bawah mata sambil dipijat dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit.
  • Diamkan semalaman. Ulangi perawatan ini setiap malam sebelum tidur.

Lidah Buaya

Lidah buaya akan menenangkan serta menghidrasi kulit. Nutrisi dari lidah buaya akan mengurangi pigmentasi di bawah mata sekaligus membuat kulit sensitif di bawah mata menjadi lebih sehat.

Belah lidah buaya menjadi 2 lalu oleskan gel lidah buaya di bawah mata kemudian pijat secara perlahan selama beberapa detik. Diamkan 10-12 menit lalu bersihkan dengan kapas yang sudah dibasahi. Lakukan perawatan ini dua kali sehari pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

Cuka Apel

Kandungan mineral, vitamin, dan enzim yang baik dalam cuka apel akan membantu dalam meremajakan area bawah mata. Sehingga mata panda pun akan menghilang dalam beberapa hari.

Celupkan kapas pada cuka apel kemudian oleskan kapas di bawah mata dan diamkan hingga kering. Ulangi perawatan ini dua kali sehari.

Timun

Timun mengandung sejumlah antioksidan, seperti vitexin, orientin, dan cucurbitacins. Di mana antioksidan tersebut akan membantu mengatasi mata panda. Sobat cantik hanya membutuhkan satu buah timun lalu cuci dan iris melingkar agak tebal setelah itu simpan di dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian ambil dua irisan timun untuk ditempelkan pada mata, pastikan area bawah mata juga tertutupi timun sobat cantik. Diamkan selama 10 menit lalu cuci mata memakai air dingin. Ulangi perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Tomat

Kandungan lycopene dan fitokimia pada tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Lycopene juga sangat baik dalam hal melindungi kulit dari kerusakan.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sdt jus tomat segar
  • 1 sdt air perasan lemon atau jeruk nipis

Cara membuat dan pemakaian:

  • Campur merata jus tomat segar dengan sair perasan lemon atau jeruk nipis. Kemudian oleskan di area bawah mata.
  • Diamkan selama 10 menit setelah itu bilas bersih menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini dua kali sehari selama 2-3 minggu.

Teh Hijau

Mata panda / kantung mata disebabkan karena pembuluh darah di bawah mata melebar. Teh hijau yang memiliki kandungan tannin yang bersifat astringent akan membantu mengurangi mata panda. Kandungan dalam teh hijau akan menyempitkan atau menormalkan kembali pembuluh darah dan pembuluh kapiler yang melebar sehingga mata panda pun secara perlahan akan menghilang. Mata sobat cantik pun akan terasa lebih segar setelah memakai teh hijau.

Sobat cantik hanya perlu menyiapkan 2 kantong teh hijau celup, seduh teh hijau sebentar lalu dinginkan. Setelah dingin tempelkan kantong teh hijau pada area bawah mata diamkan selama 15 menit kemudian bilas bersih. Ulangi perawatan ini setiap hari sampai mata panda sobat cantik hilang.

Rose Water

rose water atau air mawar memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu dalam memperkuat sel kulit sekaligus meremajakan kulit. Sehingga air mawar sangat baik dalam hal menyingkirkan mata panda yang sangat mengganggu.

Rendam kapas dalam air mawar kemudian gunakan untuk mengompres area bawah mata selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air dingin, lakukan perawatan ini setiap hari selama 4 minggu untuk hasil yang maksimal.

Madu

Antioksidan dan nutrisi dalam madu sangat bagus untuk melembutkan kulit serta merupakan makanan yang baik untuk kulit. Sehingga madu sangat efektif untuk menyingkirkan mata panda. Sobat cantik dapat mengoleskan madu di area bawah mata dengan tipis dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Ulangi perawatan ini 1 atau 2 kali dalam sehari.

Baking Soda

Memiliki sifat yang dapat menenangkan dan meringankan kulit. Sifat anti inflamasi baking soda akan membantu memperbaiki sirkulasi darah di bawah mata. Untuk menghilangkan mata panda dengan baking soda, larutkan 1 sdt baking soda ke dalam air dan aduk rata. Kemudian rendam kapas pada larutan baking soda lalu gunakan untuk mengompres bagian bawah mata selama 10-15 menit. Ulangi perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Lemon

photo source : purch

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon berfungsi sebagai antioksidan sekaligus untuk meremajakan serta mencerahkan kulit secara alami. Sehingga tidak diragukan lagi dalam hal menyingkirkan mata panda. Sobat cantik hanya perlu mengambil sari lemon lalu dengan bantuan kapas oleskan di area bawah mata. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas bersih, lakukan perawatan ini dua kali sehari.

Susu

photo source : motherjones

Kandungan asam laktat pada susu telah terbukti dapat meningkatkan ketebalan dan kekencangan kulit. Asam laktat pada susu yang ringan juga membantu mengurangi garis-garis halus dan keriput pada kulit. Siapkan ¼ cangkir susu dingin lalu celupkan kapas dan kompreskan di area bawah mata selama 15 menit. Setelah 15 menit bilas bersih memakai air. Lakukan perawatan ini setiap hari selama dua minggu.

Yogurt dan Parsley

 

Kandungan beta-karoten, vitamin C, asam folat, berbagai mineral dan vitamin dalam parsley akan membantu dalam mencerahkan kulit serta mencegah timbulnya kerutan pada kulit. Campur segenggam parsley yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm yogurt sampai rata. Lalu oleskan campuran tersebut pada area bawah mata, diamkan sampai hampir kering sekitar 10 menit kemudian bilas bersih memakai air dingin. Ulangi perawatan ini tiga kali seminggu sobat cantik.

Kunyit

photo source : ndtvimg

Memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kunyit juga sangat bagus untuk kulit karena dapat mencerahkan kulit. Sifatnya ini akan membantu menyingkirkan mata panda dengan mudah. Sobat cantik hanya perlu menyiapkan ¼ sdt bubuk kunyit dan 1 sdt almond oil lalu campur sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada area bawah mata sambil dipijat secara perlahan dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas hingga bersih dengan air. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Kentang

photo source : amazonaws

Kentang mengandung enzim, pati, dan vitamin C yang semuanya akan menutrisi pada kulit di sekitar mata sekaligus membantu menyingkirkan mata panda. Siapkan 1 buah kentang ukuran kecil lalu cuci bersih dan kupas kemudian parut. Peras parutan kentang untuk mendapatkan sari kentangnya kemudian rendam kapas dalam air perasan kentang lalu kompres area bawah mata dengan kapas tersebut selama 10 menit. Setelah itu cuci bersih dengan air dingin, lakukan perawatan ini secara teratur dua kali sehari selama 2-3 minggu.

Itu tadi cara-cara alami yang dapat sobat cantik praktikkan untuk menyingkirkan mata panda. Selain cara-cara di atas sobat cantik juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar mata panda tidak singgah di mata indah sobat cantik.

Tidur Cukup

Regenerasi, perbaikan, dan pembaharuan merupakan tiga fungsi penting yang terjadi dalam tubuh saat sobat cantik tidur. Tingkat tidur yang baik akan membuat tubuh lebih rileks, bebas stress, dan kulit menjadi lebih cerah bercahaya. Sehingga sobat cantik dapat mengantisipasi munculnya mata panda tentunya dengan tidur yang cukup selama 6-8 jam setiap hari.

Konsumsi Makanan Ini Untuk Menyingkirkan Mata Panda

photo source : comparethemarket

Kulit merupakan cerminan langsung seberapa sehat kita. Untuk itu bila sobat cantik ingin memiliki tubuh dan kulit yang sehat jangan lupa untuk menyertakan beberapa jenis makanan yang bernutrisi penuh dengan vitamin dan mineral. Berikut ini makanan yang baik untuk mengantisipasi munculnya mata panda:

  • Sayuran seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, kubis brussel, bayam, ubi jalar, tomat, kembang kol, asparagus, wortel, dan paprika.
  • Buah-buahan seperti papaya, strawberry, buah citrus, nanas, jeruk bali, raspberry, persik, blewah, dan pir.
  • Lemak hewani seperti ikan, kerang, ayam, dan daging sapi tanpa lemak.
  • Kacang-kacangan seperti walnut atau kenari, kacang almond, dan hazelnut.
  • Makanan lainnya seperti beras merah, oatmeal, lentil, kacang polong, dan biji-bijian.

Vitamin yang Baik Untuk Mata Panda

  • Vitamin K sangat penting untuk sirkulasi darah yang sehat. Jika pasoka darah ke area mata tercukupi, maka sobat cantik tidak perlu khawatir masalah mata panda.
  • Vitamin C merupakan vitamin yang memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan kulit dan bercahaya karena memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, dan kolagen yang bagus untuk kulit.
  • Vitamin E akan membuat kulit sobat cantik menjadi lebih kuat, elastis, dan terhidrasi dengan baik.

Banyaknya vitamin yang dijual secara bebas di pasaran, tetapi sangat disarankan untuk mencukupi semua kebutuhan vitamin dari bahan-bahan alami yang lebih sehat dan aman.

Mata panda merupakan masalah yang menjengkelkan banyak orang, tetapi sekarang setelah sobat cantik tahu bagaimana cara menyingkirkan sekaligus menghindarinya tentu saja tidak perlu khawatir lagi. Nah, dengan begitu sobat cantik tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menyingkirkan mata panda, karena sobat cantik dapat mencoba cara-cara di atas. Selamat mencoba sobat cantik!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation