Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Hidung dan Wajah

Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Hidung dan Wajah

Komedo adalah salah satu masalah wajah yangs sering dihadapi oleh kaum wanita. Komedo ditandai dengan munculnya bintik hitam atau putih pada wajah. Komedo sering sekali muncul pada wajah yang berminyak dan menyebabkan kelenjar sebaceous tersumbat. Komedo tidak hanya terjadi pada kaum wanita saja, tetapi juga kaum pria.

Komedo sendiri adalah bintik kecil berwarna hitam atau putih pada wajah yang dihasilkan dari akumulasi sebum dan kotoran, sehingga membuat pori-pori tersumbat.

Penyebab Komedo
Komedo memang sangat mengganggu, terutama bagi kaum wanita. Munculnya komedo membuat para wanita rela mengeluarkan uang lebih untuk ke salon menghilangkan komedo yang ada. Karena itulah, sebagai wanita hendaknya kita menghindari segala penyebabnya. Apa saja hal yang menyebabkan komedo?

a. Makanan Berminyak
Apa yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kondisi kulit. Munculnya komedo bisa saja disebabkan karena kita banyak mengkonsumsi makanan berminyak. Karena itulah kita sebaiknya harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti buah-buahan.

  • Wajah Kotor : Sepulang kerja atau sekolah biasnaya kita akan cenderung memilih untuk langsung tidur karena lelah. Padahal, jika anda langsung tidur, tanpa membersihkan make up yang masih menempel, dapat memperbesar resiko anda munculnya komedo. Make up yang masih menempel dapat menyumbat pori-pori wajah dan inilah yang menyebabkan munculnya komedo.
  • Merokok : Mungkin anda mengira bahwa merokok hanya menyebabkan gangguan pada paru-paru, padahal kebiasaan ini juga memberikan pengaruh terhadap kesehatan kulit. Asap rokok sendiri diyakini tidak baik untuk wajah, dan jika kita merokok justru dapat membuat kulit lebih mudah keriput.
  • Stress : Stress juga dapat menjadi salah satu fakltor yang menyebabkan munculnya komedo pada wajah. Saat stress seseorang cenderung cuek dan mengabaikan hal menyangkut diri kita, seperti perawatan kulit. Akibatnya muncullah jerawat dan komedo.
  • Menyentuh Wajah Terlalu Sering : Tangan merupakan sumber kuman, karena kita menggunakannya untuk memegang apapun disekitar kita. Saat menyentuh wajah, tidak ada yang dapat menjamin bahwa tangan kita telah bebas dari kuman dan kotoran. Karena itulah, sebaiknya hindari terlalu serring menyentuh wajah dengan tangan. Gunakan tissue jika ingin menyentuh wajah.

Jenis-Jenis Komedo
Komedo memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu komedo terbuka (Blackhead) dan komedo tertutup (Whitehead). Kedua komedo ini memiliki ciri yang berbeda dan dapat terlihat secara jelas pada wajah. Kedua tipe komedo ini sama-sama tidak diinginkan keberadaannya.

Komedo blackhead nampak seperti pori-pori yang membersar dan berwarna hitam. Komedo berwarna hitam sebenarnya merupakan komedo putih, namun adanya oksidasi dengan udara lah yang membuat komedo berwarna hitam dan berbentuk seperti bintik hitam di wajah.

Komedo whitehead nampak seperti benjolan kecil di bawah kulit. Munculnya komedo whiteheads diakibatkan karena lapisan kulit ari yang tersumbat oleh kotoran dan lemak.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Mengatasi komedo sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan anda mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya dan mempraktekkan caranya dengan benar. Bagaimana cara untuk mengatasi komedo?

1. Menggunakan Pembersih Khusus Untuk Menghapus Komedo
Gunakan bahan alami untuk mengatasi komedo. Bahan-bahan ini dijamin aman dan tidak beresiko terhadap wajah. Ada beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi komedo ini.

Gunakan madu dan kayu manis. Madu merupakan antibiotik alami yang berkerja untuk membersihkan kotoran dari pori-pori yang terbuka. Campurkan satu sendok makan madu dengan ½ sendok teh kayu manis. Lalu gunakan jari anda untuk mengoleskan ramuan ini pada kulit anda yang kering. Gosok dengan gerakan melingkar selama 3 menit dan bilas menggunakan air hangat.

a. Cobalah masker putih telur. Putih telur membantu untuk mengencangkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga anda akan mendapatkan kulit yang kencang. Pisahkan putih telur dan kuningnya, lalu oleskan pada wajah anda. Biarkan mengering selama beberapa menit. Setelah mengering tambahkan lagi puth telur yang masih tersisa. Biarkan mengering kembali selama 10-15 menit atau sampai kulit terasa halus saat disentuh. Setelah itu, gunakan air hangat untuk membilas wajah.

b. Bahan ketiga yang dapat anda gunakan adalah tanah liat. Saat ini di toko kosmetik telah tersedia tanah liat dalam bentuk bubuk. Masing-masing berguna untuk menghilangkan residu yang tak diinginkan. Campurkan satu sendok makan bubuk tanah liat dengan cuka sari apel dalam jumlah yang cukup untuk membuat pasta. Oleskan ke seluruh wajah anda dan biarkan selama 10-15 menit hingga mengering saat disentuh. Bilas menggunakan air hangat.

c. Bersihkan menggunakan oatmeal dan yoghurt. Asam laktat yang terdapat pada yoghurt mampu memberi efek menenangkan. Buatlah pasta dari tiga sendok makan yoghurt, dua sendok makan gandum utuh, dan beberapa tetes jus lemon serta minyak zaitun. Oleskan pada wajah yang memiliki komedo. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

d. Cobalah campuran kunyit dan jus mint. Kedua rempah ini mungkin saja ada didapur anda. Kunyit dan mint membantu membersihkan pori-pori yang kotor. Buatlah minuman teh mint, lalu biarkan dingin. Setelah itu, ambillah dua sendok makan cairan teh tersebut dan campur dengan bubuk kunyit. Oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Exfoliating Untuk Membersihkan Pori-Pori
a. Cobalah lemon dan garam exfoliant. Nutrisi lemon ditambah dengan efek menggosok dengan bantuan garam untuk menghapus semua kotoran yang ada pada pori-pori. Campur jus lemon dengan satu sendok makan yoghurt, satu sendok makan garam, dan sedikit madu. Gunakan ramuan ini untuk menggosok daerah komedo anda selama 2-3 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

b. Membuat teh scrub hijau. Teh hijau yang bagus untuk dikonsumsi ini ternyata juga bagus untuk menyegarkan kulit anda. Nutrisi teh hijau dapat bekerja secara efektif untuk menghilangkan kotoran sementara wajah akan mendapat nutrisi dari antioksidan yang ada didalam teh hijau. Biarkan selama 2-3 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

c. Baking soda juga dapat digunakan untuk pengelupasan kulit. Baking soda adalah zat yang ajaib dan sangat berguna untuk beragam keperluan.selain berguna sebagai pembersih alami, baking soda berguna untuk membersihkan sel kulit mati. Gunakan baking soda dan sedikit air untuk membuat pasta, kemudian gosok lembut dengan gerakan memutar di permukaan wajah. Jika anda memiliki komedo yang sangat buruk, oleskan lapisan yang lebih tebal pada daerah yang terkena komedo. Biarkan mengering selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas.

d. Campur tepung jagung (maizena) dengan sabun wajah anda. Tepung jagung digunakan sebagai exfoliant abrasive apabila dikombinasikan dnegan sabun wajah cair biasa. Campur satu sendok teh tepung jagung dengan sedikit air. Gosok wajah dengan lembut dengan pola melingkar. Jangan menggosok terlalu keras agar tidak merusak kulit anda.

Menghindari Keadaan Yang Memperburuk Kulit Anda

Memiliki wajah cerah dan bersih merupakan impian setiap wanita. Setelah komedo menghilag, ada baiknya kita menghindari keadaan yang dapat memperburuk kedaan kulit kita, diantaranya :

  • Jangan pernah menghilangkan komdeo menggunakan jari anda. Menghilangkan komedo menggunakan jari hanya akan menambah kotoran serta bakteri pada pori-pori kulit anda. Sebaiknya hidnari menyentuh wajah dengan tangan.
  • Jangan menggunakan removals tools komedo. Saat ini banyak sekali toko yang menawarkan alat untuk menghapus komedo. Sayangnya, alat ini sering ditemukan penuh dengan bakteri dan dapat membuat kulit anda terluka.
  • Cuci wajah sebanyak dua kali sehari. Penyebab komedo adalah kulit yang kotor. Jadi, pastikan anda rutin membersihkan wajah. Jangan lupa membersihkan sisa make up yang masih menempel sebelum tidur.
  • Cuci seprei, sarung bantal, dan guling anda. Sarung bantal anda mampu menangkap sel sel kulit mati dan minyak saat malam hari. Cuci setidaknya satu minggu sekali untuk membantu wajah agar tetap bersih.
  • Hindari menggunakan exfoliant yang ultra abrasive. Jika kulit anda adalah tipe sensitive, maka menggunakan exfoliant yang keras hanya akan mengiritasi kulit. Gunakan pembersih yang lembut.

Bagaimana sobat, yuk setelah mengetahui penyebab komedo dan bagaimana cara alami mengatasinya sekarang saatnya praktek dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *