Cemilan Sehat Yang Tidak Bikin Gemuk

cemilan-sehat-buah

Siapa yang tidak suka makan cemilan? Selain mengasyikkan, memakan cemilan membantu kita mengisi perut sebelum jam makan besar. Hanya saja seringkali porsi cemilan kita lebih banyak daripada porsi makan besar. Memakan cemilan dalam porsi banyak seringkali membuat berat badan kita melonjak naik, apalagi jika jenis cemilan yang kita makan adalah cemilan yang tidak sehat dan berlemak.

Ingin tetap makan cemilan namun berat badan tetap terjaga dan sehat? Berikut ini jenis-jenis cemilan yang dapat dijadikan alternatif cemilan yang lebih sehat.

Oat
Gandum adalah makanan sehat yang kaya serat. Kandungan serat tersebut yang membuat kita kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam oat juga menyehatkan pencernaan.

Alpukat
Alpukat juga dapat dijadikan cemilan sehat jika dimakan plain tanpa gula. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan.

Blueberry dan pir
Kedua buah ini mengandung banyak serat yang baik dimakan untuk kesehatan. Selain segar, blueberry dan pir juga merupakan cemilan yang enak.

Jagung dan Kacang Polong beku
Jagung dan kacang polong beku mengandung serat dan rendah kalori serta memberikan sensasi rasa penuh pada perut hingga terasa cepat mengenyangkan.

Apel dan selai kacang
Potong-potong apel dan celupkan apel pada selai kacang kemudian nikmati sebagai camilan. Konsumsi apel dapat mengontrol dan menurunkan berat badan.

Keju Cheddar
Konsumsi keju cheddar yang dipadu dengan setangkup roti dapat menghilangkan rasa lapar dan memenuhi kebutuhan protein harian. Asalkan jangan berlebihan ya konsumsi kejunya.

Kacang tanpa garam
Kacang tanah dan kacang almond tanpa garam mengandung protein tinggi, lemak omega 9, serat, kalsium, magnesium, rendah kalori dan lemak jenuh.

Popcorn
Popcorn merupakan cemilan karbohidrat dan rendah kalori asalkan tidak ditambahkan mentega atau gula cair.

Jagung rebus
Jagung mengandung lemak dan kolesterol rendah, serat, tiamin dan folat yang baik untuk disantap di sela-sela selingan makan siang.

Sayur mayur
Sayuran rebus merupakan jenis cemilan yang menyehatkan meski dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sayuran yang dapat dijadikan cemilan antara lain brokoli, kol, bayam, tomat dan selada

Irisan buah segar
Irisan buah segar adalah alternatif cemilan yang paling segar dan menyehatkan. Buah-buahan yang biasa dijadikan cemilan seeprti jeruk, pisang, kiwi, strawberry, dan pisang. Potong-potong buah-buahan tersebut dan nikmati di sela-sela aktivitas anda.

Edamame
Edamame rebus mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Wortel
Wortel juga dapat dijadikan alternatif cemilan sehat jika anda menyukainya. Wortel dapat dikonsumsi mentah setelah dicuci dan dipotong-potong atau pun direbus.

Kentang
Kentang rebus atau kentang panggang tanpa bumbu dapat dijadikan alternatif cemilan yang sehat. Ingat jangan konsumsi keripik kentang ya sebagai cemilan.

Nah,banyak bukan makanan yang dapat dijadikan cemilan sehat? Beralihlah ke cemilan sehat yang tidak bikin gemuk :-).

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation