Dampak Negatif Jika Kurang Tidur

dampak negatif kurang tidur

Suka begadang hingga jauh malam bahkan hingga pagi? Atau anda tipe workaholic yang bekerja hingga dini hari dan bangun pagi-pagi bekerja lagi? Hal tersebut akan membuat anda hanya sedikit mempunyai waktu untuk tidur, apalagi jika anda tidak sempat untuk tidur siang. Kurang tidur ternyata dapat berdampak buruk lho bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa dampak buruk jika kurang tidur seperti dikutip dari wolipop.com:
1. Kenaikan Berat Badan
Michael Breus, PhD, seorang psikolog dan spesialis gangguan tidur di Scottsdale mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat dan nafsu makan tidak terkontrol sehingga anda seringkali menginginkan makanan berkarbohidrat dan kaya lemak.

2. Mood labil
Lisa Shives, MD, seorang internis dan ahli obat tidur di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa 50 % orang dengan depresi mempunyai jenis masalah tidur, biasanya adalah insomnia. Kita menjadi mudah menangis dan emosi tak stabil ketika berada dalam kondisi kelelahan dan kurang tidur.

3. Bayangan hitam dan bengkak di mata
Kurang tidur menyebabkan tubuh kehilangan kelembaban sehingga kulit menjadi dehidrasi dan dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Konsumsi secangkir teh chamomile satu jam sebelum tidur agar anda merasa lebih rileks sebelum tidur.

4. Gangguan ketika berkendara
Kurang tidur dapat menyebabkan anda mengantuk. Mengantuk bukanlah kondisi yang ideal untuk mengemudikan sendiri kendaraan. Studi dari Virginia Tech Transportation Institute menyebutkan bahwa salah satu penyebab kecelakaan dalam berkendara adalah mengemudi dalam keadaan kelelahan. Efek tidak tidur selama 24 jam setara dengan efek mengkonsumsi alkohol dalam level 10 (padahal yang diperbolehkan hanya sampai level 8).

5. Tingginya Tingkat Depresi
Jika anda tidur kurang dari 6 jam maka gen dalam tubuh yang mengatur depresi akan terganggu. Hal tersebut menyebabkan meningginya tingkat depresi. Lakukan relaksasi sebelum tidur agar tidur anda lebih berkualitas.

6. Sulit Berpikir Jernih
Janet Kennedy, PhD, seorang psikolog klinis dan spesialis tidur di New York mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat dan belajar informasi baru. Turunnya daya ingat dan kemampuan belajar dapat membuat anda sulit berpikir jernih. Jika anda sulit berpikir jernih maka pekerjaan yang anda lakukan bisa terganggu bukan?

7. Gairah Seks berkurang
Kelelahan sering membuat seseorang enggan untuk berhubungan intim dengan pasangannya. Kurang tidur dapat menyebabkan libido yang rendah, stres, dan suasana hati yang bisa merusak keinginan untuk berhubungan intim.

8. Imunitas berkurang
Orang-orang yang tidur kurang dari 7 jam memproduksi antibodi yang lebih sedikit. Menurunnya produksi antibodi membuat anda lebih gampang terserang penyakit ketika kelelahan. Kelelahan akibat kurang tidur bisa menjadi gerbang pertama untuk masuknya penyakit ke dalam tubuh anda.

Nah ternyata kurang tidur mempunyai efek buruk bagi kesehatan ya. Yuk jaga pola tidur kita agar tidur kita semakin berkualitas dan kesehatan kita juga terjaga 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation