Girls, Ini Bahaya Suntik Kolagen Bagi Tubuhmu

Girls, Ini Bahaya Suntik Kolagen Bagi Tubuhmu

Suntikan kolagen telah digunakan selama puluhan tahun untuk mengobati ketidaksmepurnaan pada kulit wajah, termasuk keriput, lipatan, dan bekas jerawat. Kolagen juga digunakan untuk membuat bibir terlihat lebih penuh dan mengisi bagian pipi. Namun, suntikan kolagen ini biasanya dikombinasikan dengan prosedur lain, seperti facelift atau laser. Meskipun suntikan kolagen cenderung aman, cepat, dan mudah untuk dijalankan, namun sangatlah penting untuk mencari pengobatan dari dokter bedah kosmetik berkualitas.

Apa Itu Kolagen?
Kolagen adalah protein alami yang ditemukan dalam tulang, tulang rawan, kulit, dan tendon. Ada 27 jenis kolagen di dalam tubuh. Kolagen tertentu yang ditemukan dalam jaringan kulit sangat penting untuk menjaga kekuatan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Sayangnya, seiring waktu kolagen ini akan rusak, sehingga menyebabkan kulit menjadi keriput, dan kehilangan kekencangan serta kekenyalannya. Sebagai upaya melawan tanda-tanda penuaan, banyak orang beralih menggunakan suntikan kolagen untuk menggantikan pasokan kolagen asli yang berada didalam tubuh. Karena kolagen adalah protein alami yang dihasilkan tubuh, tentu saja kolagen yang disuntikkan tidak bisa sama persis dengan kolagen yang disuntikkan. Karena itulah, suntik kolagen ini tentu saja dapat menimbulkan efek samping.

Calon Pasien
Kebanyakan orang memilih untuk melakukan pengobatan kolagen saat menginjak usia 35-60 tahun dengan tujuan meminimalkan tanda awal penuaan, seperti kerutan. Pengobatan injeksi kolagen juga dapat digunakan untuk mendapatkan bibir lebih penuh, lebih seksi, dan membenahi daerah sekitar mulut dan dahi dimana biasanya keriput mulai muncul.

Suntik kolagen dipilih karena kolagen adalah zat alami yang prosedurnya sangat praktis dan tidak membutuhkan operasi untuk mendapatkan hasil. Suntik kolagen merupakan cara yang paling aman bagi seseorang untuk meningkatkan penampilan mereka. Kebanyakan orang memilih prosedur suntik kolagen untuk meningkatkan penampilan daripada mengobati tanda-tanda penuaan.

Persyaratan Pengobatan
Sebelum seorang pasien menerima suntikan kolagen, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya komplikasi dan membuat hasil terapi menjadi maksimal. Dokter akan meninjau riwayat kesehatan dari pasien. Dokter pada umumnya akan melakukan tes pada kulit guna mengecek apakah pasien memiliki alergi terhadap kolagen. Selama pengujian, sejumlah kecil dari kolagen akan disuntikkan ke lengan bawah, kemudian akan diamati selama satu bulan. Jika terjadi pembengkakan, kemerahan, atau gatal-gatal maka mungkin saja pasien sebaiknya memilih jalan pengobatan lain. Jika pasien memenuhi syarat, dokter mungkin akan memberikan petunjuk mengenai diet, nutrisi, rokok, dan minuman. Petunjuk ini berguna untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal.

Apakah Kolagen Cocok untuk Saya
Jika anda berada dalam kesehatan yang baik dan berusia antara 35 tahun dan 60 tahun, dan masih memiliki kulit yang relatif fleksibel, anda mungkin adalah calon yang baik untuk melakukan perawatan ini. Namun, sebelum melakukan suntikan ini, sebaiknya anda memiliki pengetahuan mengenai apa itu kolagen dan sebagainya.
Kolagen dapat menjadi cara yang efektif untuk meminimalkan garis-garis wajah (keriput). Kolagen tidak digunakan untuk menangkal penuaan, karena bagaimanapun penuaan akan terjadi. Orang dengan masalah yang lebih kompleks, misalnya kulit kendur mungkin harus mempertimbangkan pilihan bedah seperti facelift.

Pertimbangan Medis Dan Kesehatan
Selama konsultasi awal, dokter akan meninjau riwayat kesehatan calon pasien untuk memastikan pasien tersebut memenuhi kriteria dasar untuk perawatan kolagen. Dalam beberapa kasus, suntik kolagen memang tidak disarankan, seperti wanita yang sedang hamil maupun menyusui. Mereka harus menunda pengobatan. Hal ini dikarenakan kolagen yang disuntikkan sebagian besar berasal dari sapi. Pasien yang memiliki alergi harus memastikan dokter menggunakan kolagen yang berbasis manusia sebagai gantinya.

Jenis Kolagen
Berbagai jenis pengisi kolagen memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dalam hal komposisi, harga, efek, dan faktor lainnya. Dengan penelitian dan diskusi dengan dokter anda, anda dapat menentukan pengisi kolagen apa yang dapat bekerja dengan baik di kulit anda.

  • Bovine Kolagen
    Kolagen sapi adalah salah satu jenis pengisi kolagen yang paling umum, dan secara efektif dapat mengurangi munculnya keriput dan ketidaksempurnaan wajah lainnya. Diekstrak dari kulit sapi, kolagen sapi akan sapi ini akan dimurnikan dan disterilkan, kemudian dicairkan. Suntikan kolagen sapi umumnya mengeluarkan biaya sekitar $250 sampai $800 per sesi. Pengisi kolagen yang berbasis sapi biasanya adalah Zyderm, Zyplast, dan Artefill (Artecoll). Hasilnya dapat terlihat selama enam minggu sampai satu tahun, tergantung dari pasien dan merk kolagen yang ia pilih. Reaksi alergi dan gangguan jaringan ikat merupakan faktor resiko yang berkaitan dengan perawatan kolagen sapi.
    Pasien diuji untuk alergi, dan dokter harus berhati-hati memeriksa riwayat kesehatan mereka sebelum pengobatan
  • Autologen
    Jenis kolagen ini berasal dari kulit anda sendiri, dipanen selama operasi sebelumnya. Kulit akan dikirim ke laboratorium, dimana kolagen akan diekstrak, disterilkan, dan dicairkan untuk di injeksi. Autologen biasanya tidak memerlukan tes alergi karena merupakan kolagen alami yang ditemukan dalam tubuh manusia. Autologen merupakan pilihan tepat bagi anda yang alergi terhadap kolagen sapi. Sayangnya, untuk mendapatkan pengobatan ini, anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal, yakni $800 sampai $1000 per sesinya.
  • Isolagen
    Isolagen juga merupakan kolagen yang berasal dari kulit anda sendiri. Namun, bukannya terbuat dari kulit yang dipanen pasca operasi, melainkan dibuat dari kloning sel yang diambil dari belakang telinga pasien. Suntikan kolagen biasanya dilakukan dalam interval sekitar dua minggu dan akan memberikan hasil yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Isolagen ini tidak mengandung protein hewani, sehingga pasien juga memiliki reaksi alergi yang lebih sedikit. Untuk mendapatkan perawatan ini, anda harus mengeluarkan biaya sekitar $ 1000 sampai $ 1500 per sesi.
  • Dermalogen
    Kolagen ini diambil dari donor manusia yang telah meninggal, kemudian di sterilkan dan akan diproses. Manfaat utama menggunakan menyumbangkan kolagen manusia adalah waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasilnya. Dermalogen juga tidak membutuhkan persiapan yang banyak, karena ia juga berbasis manusia sehingga tidak dibutuhkan tes alergi. Biaya perawatan Dermalogen berkisar dari $ 500 sampai $ 1000 per sesi.

Apa Jenis Kolagen Yang Tepat untuk Saya?
Ada dua kategri bahan yang digunakan, yakni sapi dan manusia. Pengobatan yang diturunkan seperti Zyderm dan Zyplast biasanya merupakan pengobatan yang paling mahal. Namun, karena kolagen ini bukanlah berbasis manusia, ia memiliki reaksi alergi yang lebih tinggi. Selain itu, hasil perawatan menggunakan kolagen berbasis sapi cenderung menghilang lebih cepat daripada pengobatan menggunakan kolagen berbasis manusia.
Isolagen merupakan pengobatan paling mahal, karena membutuhkan pengerjaan laboratorium yang luas untuk menghasilkan kolagen. Namun, karena kolagen ini berasal dari sel-sel hidup yang di kloning dari jaringan anda sendiri, hasilnya akan bertahan lebih lama.

Proses Perawatan Kolagen
Prosedur injeksi kolagen sebenarnya relatif mudah. Pengobatan biasanya terjadi di klinik atau rumah sakit dengan waktu sekitar 30-60 menit. Hal ini tergantung dari kebutuhan pasien masing-masing. Dokter akan menyuntikkan kolagen di daerah tertentu yang berguna untuk menghapus keriput dan garis-garis wajah. Pasien biasanya akan melihat perbaikan penampilan mereka dalam beberapa hari.

Mempersiapkan Pengobatan
Sebelum melakukan pengobatan, pasien akan diberikan tes kulit untuk mengetahui reaksi alergi terhadap bahan kolagen. Dokter akan menyuntikkan sejumlah kecil kolagen pada lokasi di tubuh pasien. Pasien akan memonitor daerah tersebut selama sekitar satu minggu. Namun, apakah hanya reaksi alergi saja yang membuat kita memutuskan untuk memilih jenis kolagen?

Proses Injeksi Kolagen
Proses injeksi kolagen biasanya akan melibatkan satu atau lebih suntikan ke daerah tertentu. Beberapa pasien mungkin merasa tidak nyaman, terutama jika suntikan dilakukan pada daerah bibir atau sekitar hidung. Untuk meminimalkan rasa sakit, biasanya dokter akan memberikan anestesi. Beberapa kolagen juga memiliki kandungan lidokain yang dapat membantu mematikan rasa pada daerah injeksi. Kebanyakan perawatan biasanya memakan waktu kurang dari satu jam saja.

Setelah Pengobatan – Apa yang Diharapkan
Setelah perawatan mungkin saja terdapat beberapa memar, bengkak, atau nyeri di sekitar tempat suntikan. Hal ini normal dan biasanya akan menghilang selama beberapa hari. Pasien dapat melanjutkan kegiatan mereka sehari-hari segera setelah pengobatan. Lamanya hasil pengobatan bervariasi, mulai dari enam minggu hingga enam bulan. Seiring waktu, tubuh secara alami akan menyerap kolagen dan akan diperlukan perawatan tambahan untuk meningkatkan kecantikan.

Mempertahankan Hasil
Mempertahankan hasil dari pengobatan kolagen sangat tergantung pada jenis pengisi kolagen yang digunakan. Hasil perawatan kolagen sapi biasanya berlangsung sekitar enam hingga dua belas minggu. Autologen dan isolagen perawatan kolagen umumnya dilakukan dalam interval tertentu dengan hasil akhir yang berlangsung selama beberapa bulan. Hasil awal dermatologen biasanya akan menghilang setelah beberapa bulan.
Kebanyakan perawatan kolagen memerlukan “touch up” suntikan dua sampai empat kali setahun untuk mempertahankan hasil.

Risiko dan Manfaat Suntikan Kolagen Suntikan
Suntikan kolagen merupakan cara yang aman dan efektif untuk mendapatkan bibir yang halus dan rupawan, dan kerutan yang lebih sedikit. Pasien harus menyadari bahwa pengobatan tentu saja tidak dapat berjalan mulus seterusnya. Pengobatan tidak memungkinkan resiko dan komplikasi, termasuk menyebbkan reaksi alergi, warna kulit tidak merata, hingga infeksi. Karena itulah sebelum menjalankan pengobatan ini, pasien harus memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai resiko dan manfaat dari pengobatan kolagen.

Kolagen juga bermanfaat untuk menambah volume bibir dan merapikan garis wajah serta keriput. Namun, seperti hal nya perawatan kosmetik, ada juga beberapa resiko yang harus dihadapi.

  1. Manfaat kolagen
    Suntikan kolagen telah digunakan selama beberapa dekade untuk menjaga kekenyalan kulit dan membantu menjaga penampilan agar nampak awet muda. Kolagen dapat membantu mengatasi keriput serta mengatasi bekas luka. Ketika digunakan oleh ahli bedah kosmetik berkualitas, kolagen memberikan manfat lain, seperti :

    • Halus, sedikit keriput
    • Bibir yang lebih penuh
    • Mengisi bekas jerawat
    • Secara keseluruhan membuat penampilan lebih muda dan segar
    • Kolagen tidak hanya untuk menunjang penampilan fisik saja, tetapi juga mampu mempengaruhi psikologis. Saat anda terlihat lebih cantik, maka kepercayaan diri anda akan meningkat
  2. Kemungkinan Resiko dan Komplikasi Dari Kolagen Treatment
    Walaupun tidak dianggap sebagai prosedur bedah, suntikan kolagen membawa beberapa resiko yang sama seperti bedah kosmetik. Resiko ini meliputi :
  3. Infeksi bakteri
    Sebuah reaksi anestesi – suntikan kolagen cair mengandung anestesi lokal (lidokain)
  4. Reaksi alergi – suntikan kolagen yang berasal dari kolagen sapi, sehingga siapapun yang alergi terhadap produk sapi dan turunannya tidak harus menerima perawatan ini
  5. Kemerahan Bengkak atau memar
  6. Gatal
  7. Luka yang terbuka
  8. Munculnya jaringan parut
  9. Dalam kasus yang sangat jarang, bekas luka dapat terbentuk pada tempat suntikan. Jika Anda mengalami kemerahan berkepanjangan, bengkak, dan gatal, di tempat suntikan, hubungi dokter segera

Kekhawatiran Kesehatan Umum
Wanita yang sedang hamil, pasien dengan penyakit tertentu dari sistem autoimun, dan orang-orang dengan alergi terhadap berbagai komponen kolagen biasanya tidak disetujui untuk pengobatan kolagen. Salah satu risiko utama suntikan kolagen adalah reaksi alergi. Namun, tes alergi biasanya dilakukan sebelum pengobatan untuk menentukan apakah pasien alergi terhadap komponen kolagen yang digunakan. Dokter Anda akan memberikan evaluasi penuh saat konsultasi awal untuk menentukan apakah Anda cocok melakukan pengobatan kolagen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *