Hal-Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Oleh Ibu Baru

ibu baru

Melahirkan bayi untuk pertama kali seringkali menjadi momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Momen pertama dan membahagiakan tersebut seringkali membuat seorang ibu baru merasa perlu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Keinginan tersebut sering membuat ibu baru menjadi gugup dan minimnya pengalaman seringkali membuat ibu baru melakukan hal-hal yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

Yuk, cek beberapa hal yang seharusnya anda hindari ketika anda baru saja menjadi ibu:

1. Terlalu mendengar nasihat orang lain
Nasehat dari orang lain untuk anda memang penting, apalagi jika nasehat berasal dari orang dekat anda seperti orangtua kandung, ayah ibu mertua atau kakak ipar anda. Hanya saja terlalu banyak mendengar nasehat orang lain juga bisa membuat anda merasa gugup dan tertekan, apalagi jika nasehat mereka saling bertentangan. Ibu menyarankan ini, sementara ibu mertua menyarankan itu dan kakak ipar menyarankan hal yang lain lagi. Cobalah untuk santai dan anggaplah “kesalahan” yang dianggap orang lain karena anda tidak melakukan saran mereka sebagai sebuah pembelajaran. Toh seiring berjalannya waktu anda juga akan punya pengalaman mengurus bayi.

2. Mengharapkan pasangan mengerti kelelahan anda
Anda memang boleh berharap pasangan akan mengerti kelelahan anda, tapi jangan terlalu merasa kecewa ketika pasangan anda malah enak enakan tidur ketika anda sedang begadang mengurus bayi. Komunikasikan hal tersebut dengan suami dan jika perlu, buatlah perjanjian pra-kelahiran.

3. Tidak mempercayai pasangan dalam merawat anak
Seringkali ibu baru merasa ragu apakah suami dapat memandikan bayinya dengan baik atau menggendong bayinya dengan benar. Adakalanya suami juga ingin melakukan hal tersebut untuk merasa punya andil dalam merawat bayi. Jangan terlalu banyak mengkritik dan biarkan suami anda belajar merawat bayi. Toh hal tersebut akan membantu anda karena merawat bayi berdua itu lebih baik daripada hanya sendirian saja.

4. Membuang uang untuk keperluan anak
Bayi memang lucu dan anda tentu ingin mendandaninya sesuai dengan selera anda. Apalagi sekarang ini ada banyak barang dan aksesoris untuk bayi yang bentuknya lucu dan menggemaskan. Jangan membuang uang berlebihan untuk membeli keperluan anak yang tidak terlalu dibutuhkan, apalagi bayi adalah makhluk yang pesat perkembangannya. Baju lucu yang baru anda beli sebulan lalu bisa jadi sudah tidak muat lagi untuk dipakai sekarang :-).

5. Mudah cemas
Jika bayi terserang penyakit ringan seperti demam atau flu, seringkali ibu baru merasa mudah cemas dan panik bukan kepalang seolah-olah penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan. Cobalah untuk rileks, lakukan hal yang harus dilakukan untuk bayi anda dan belajarlah dari kondisi bayi anda.

6. Membandingkan anak anda dengan anak lain
Perkembangan setiap anak memang tidak selalu sama. Kadangkala ibu baru suka membandingkan kondisi anaknya dengan anak orang lain, misalnya anak orang lain sudah bisa berjalan sementara si kecil di usia yang sama belum bisa berjalan. Setiap anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat kematangannya. Selama perkembangannya masih dalam batas normal, jangan khawatir akan hal tersebut :-).

Sumber: AyahBunda.co.id dengan beberapa perubahan.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation