Hal-Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan

Hal-Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan

Makan merupakan aktivitas sehari-hari yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Rutinnya aktivitas makan yang harus dilakukan seringkali membuat kita mengabaikan beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan. Apalagi tuntutan aktivitas yang padat, jam kerja yang panjang dan sibuknya kegiatan seringkali membuat kita segera melakukan hal lain setelah selesai makan. Padahal terdapat beberapa aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan. Berikut ini beberapa aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan segera setelah selesai makan:

Menggosok gigi
Seringkali setelah selesai makan, kita ingin segera mengosok gigi, apalagi jika kita baru saja menyantap makanan dengan bau menyengat seperti bawang bombay atau sate. Namun menggosok gigi segera setelah selesai makan ternyata tidak dianjurkan. Penelitian menyebutkan bahwa menyikat gigi idealnya antara 1-2 jam setelah makan dan minum terutama yang mengandung asam. Email dan dentin gigi akan punya kesempatan terlebih dahulu untuk memberikan perlindungan secara otomatis terhadap asam melalui air liur dalam mulut.

Minum teh
Teh mengandung senyawa tanin yang dapat menghambat penyerapan protein dalam lambung. Selain itu, minum teh setelah makan dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan.

Tidur
Meskipun kita seringkali merasa mengantuk setelah makan, ada baiknya untuk berusaha agar tidak langsung tidur setelah makan. Tidur setelah makan dapat membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Untuk itu hindari makan secara berlebihan atau kekenyangan yang berpotensi menimbulkan kantuk

Makan Buah
Idealnya buah dimakan sebelum mengkonsumsi makanan berat lainnya atau 1-2 jam setelah makan. Menyantap buah setelah makan bisa mengganggu pencernaan. Buah mengandung zat gula sederhana yang mudah dicerna di dalam lambung, tetapi jika kita makan buah setelah makan maka zat gula tersebut akan menetap lama di dalam lambung sehingga mengalami proses fermentasi sebelum sempat dicerna.

Berolahraga
Setelah selesai, dianjurkan untuk duduk tenang selama 30 menit sebelum memulai aktivitas yang lain. Setengah jam setelah makan, lambung bekerja berat untuk mencerna makanan. Pada orang lanjut usia yang mengidap penyakit jantung koroner, berjalan-jalan segera setelah makan dapat menyebabkan pusing, kelelahan, dan pening.

Selain hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan, berikut ini adalah tips makan yang berguna untuk memudahkan pencernaan

1. Makan secara perlahan-lahan
Mengunyah dan menelan makanan terlalu cepat membuat perut bekerja lebih berat karena makanan tidak cukup mendapat enzim pencernaan di rongga mulut.

2. Tidak minum terlalu banyak selama makan
Meminum air terlalu banyak selama makan dapat mengencerkan cairan lambung sehingga makanan lebih lama dicerna

3. Menjaga pola makan
Makanan yang terlalu banyak lemak dan berminyak akan memperberat kerja pencernaan, sementara makanan yang terlalu manis dapat menyebabkan hipersekresi cairan lambung yang dapat menyebabkan nyeri atau kembung pada perut sensitif. Ada baiknya mengurangi makanan yang digoreng dan menggantinya dengan makanan yang direbus atau dikukus. Memperbanyak buah dan sayuran dalam menu makanan kita juga baik untuk menyehatkan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *