Ingin Mencegah Penuaan Dini? Perhatikan 10 Aturan Makan Berikut Ini!

Ingin Mencegah Penuaan Dini? Perhatikan 10 Aturan Makan Berikut Ini!

Siapa yang tidak bisa terhindar dari masa tua ? Ya, semua tidak akan bisa menghindarinya karena prinsip hidup itu semakin bertambahnya usia Kita, semakin berubahlah fisik Kita, termasuk wajah. Pada dasarnya proses penuaan pada setiap orang berbeda – beda, ada yang cepat dan ada yang lambat. Namun apakah anda terbayang jika Kita bisa mencegah penuaan dini ? Atau dengan kata lain memperlambatnya ? Jawabannya adalah bisa. Kuncinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.
Makanan yang mengandung protein sehat dan karbohidrat kompleks akan membantu tubuh mengkondisikan otot sekaligus mengurangi kelebihan lemak. Hal lainnya adalah makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu memperlambat penuaan seperti munculnya kerutan dan keriput di wajah. Sperti dikutif dari Female First, inilah beberapa makanan yang bisa mencegah penuaan dini.
1. Gandum Utuh
Hasil penelitian di Amerika menunjukkan bahwa lingkar pinggang wanita paruh baya yang memakan roti tawar dan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana lainnya bertambah tiga kali lebih besar seiring bertambahnya usia dibandingkan wanita yang mengonsumsi gandum utuh. Hal ini membuktikan bahwa gandum utuh bisa dimanfaatkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.
2. Rajin Makan Ikan
Ikan mengandung sumber protein yang baik yang disebut dengan leptin. Leptin bekerja seperti hormon di dalam tubuh dan mengontrol hasrat makan sehingga bagi yang mengonsumsinya tidak makan berlebihan. Sebagai contoh ikan berminyak seperti salmon dan mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang mampu mencegah terbentuknya kerutan di wajah pada segala usia. Saran lebih baik konsumsilah dengan rutin.
3. Bakteri Baik
Setelah melewati usia 35, pada umumnya jumlah bakteri baik di dalam tubuh berkurang secara signifikan yang membuat sistem pencernaan bekerja kurang maksimal dan menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan mengonsumsi minuman, pil atau yoghurt yang mengandung probiotik dan dilakukan secara rutin setiap hari.
4. Melembabkan dari Dalam
Semakin bertambahnya usia, maka kulit menjadi lebih kering dan terkelupas karena kelenjar minyak tidak lagi memproduksi pelembab alami yang cukup. Kemampuan elastisitas kulit menjadi berkurang yang menyebabkan timbulnya garis-garis halus pada wajah maupun tubuh. Agar kulit tetap lembab, maka konsumsilah makanan yang mengandung minyak alami seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun yang punya efek melembutkan dan melembabkan kulit Anda.
5. Hindari Makan Biskuit
Siapa yang tidak suka biskuit ? Ternyata Kita harus bisa mengontrol makanan yang satu ini. Saat menginjak usia 30, dan setiap 10 tahun pertambahan usia seseorang, tubuh harus mengurangi asupan kalori sebanyak satu persen. Salah satu caranya dengan berhenti makan biskuit, cookies dan roti bakar yang kaya karbohidrat sederhana lainnya. Makanan sejenis ini merupakan salah satu penyebab kegemukan dan penyakit diabetes.
6. Ngemil dengan Bijak
Ngemil di antara jam makan bisa menambah kalori yang membuat Anda makin gemuk dan membuat penampilan terlihat lebih tua. Maka jangan membiasakan diri terlalu banyak ngemil karena efek yang ditimbulkannya cukup besar. Salahsatu contoh cemilan seperti es krim, keripik, cokelat dan minuman bersoda masuk dalam kategori ini. Jadi batasi konsumsinya dan disarankan hanya dua kali seminggu saja.
7. Kurangi Konsumsi Alkohol
Minuman beralkohol sangat tidak baik bagi tubuh Anda, tidak hanya menambah kalori tapi jika mengonsumsi terlalu banyak bisa membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan penuaan dini. Batasi konsumsi alkohol Anda, misalnya dengan hanya minum segelas wine di akhir pekan atau lebih bagus tidakmengonsumsi sama sekali.
8. Makan Tepat Waktu
Seringkah Anda melewatkan jam makan karena rutinitas yang melampaui batas ? Ya melewatkan jam makan ternyata akan memperlambat metabolisme tubuh, membuat Anda lebih sulit melangsingkan tubuh dan fisik lebih cepat terlihat menua, terutama menjelang usia 30. Sebisa mungkin, makanlah tepat waktu agar metabolisme tubuh tetap stabil.
9. Makanan Tinggi Antioksidan
Buah, sayuran segar dan kacang-kacangan yang mengandung antioksidan yang bersifat anti-aging membuat Anda tampak muda lebih lama. Konsumsilah setiap hari saat jam makan atau sebagai camilan sehat untuk Anda.
10. Kurangi Konsumsi Garam
Hindari terlalu banyak mengonsumsi garam karena bisa berdampak buruk bagi tubuh yang menyebabkan penumpukan cairan, membuat Anda merasa kembung dan berat. Selain itu dengan bertambahnya usia harus lebih hati – hati lagi karena kemampuan tubuh untuk mengolah kelebihan cairan juga menurun. Membatasi asupan garam akan mengurangi penumpukan cairan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *