Ingin Tidur Anda Lebih Sehat? Ikuti Tips Berikut Ini!

tidur+siang

Istirahat memang sangat diperlukan bagi tubuh kita. Apalagi setelah seharian bekerja, tubuh dan otak pun pasti membutuhkan istirahat. Dan istirahat yang paling baik adalah tidur. Setelah tidur rasanya badan kita kembali fit dan semangat untuk menjalani aktivitas lagi. Tapi, jika kita kekurangan tidur, maka respon badan dan otak pun akan memberikan rasa kelelahan, capek, letih, dsb. Jadi, kita harus mendapatkan pola tidur yang optimal agar badan kembali sehat dan bugar. Banyak dari kita yang hanya tidur saja, tidak memikirkan apakah pola tidur kita itu sudah benar atau belum. Kesalahan dari sistem pola tidur atau cara tidur yang salah itulah yang justru akan membuat badan menjadi sakit – sakit, atau pegal – pegal. Nah, tidur seperti apa sih yang memiliki kualitas yang baik untuk kesehatan badan? Berikut tips nya :
1. Tidur Tanpa Bantal
Nah, kita selalu membiasakan diri untuk tidur memakai bantal, tapi tidak jarang kesalahan letak bantal bisa membuat leher menjadi sakit. Justru sebaliknya, ada penelitian yang sudah membuktikan manfaat tidur tanpa bantal dimana tidur tanpa bantal mengembalikan posisi tidur yang salah. Selain itu, para ahli juga berpendapat jika tidur di atas kasur jauh lebih natural bagi tubuh, sehingga menjadikan tidur anda lebih berkualitas seperti ketika masih bayi pada saat tubuh berada pada tingkat yang alami dan normal. Anda juga bisa mulai mencobanya, ladies! Cobalah untuk tidur tanpa menggunakan bantal, dan rasakan manfaatnya.
2. Tidur Telentang
Jika anda terlalu sering duduk atau merasakan sakit di punggung dan pinggang, cobalah sejenak tidurkan diri anda dalam posisi telentang. Selain anda merasakan relaksasi, hal itu juga akan membantu anda meredakan rasa sakit, pegal, atau rasa kurang nyaman pada tubuh anda.
3. Tidur Miring Ke Kanan
Tidur miring ke kanan ini sudah banyak dibahas dan memang manfaatnya jauh lebih baik untuk kesehatan. Ketika anda tidur malam, usahakan untuk tidur miring ke kanan. Karena banyak manfaatnya ketika tidur miring ke kanan, yaitu dapat mengistirahatkan otak sebelah kiri, mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas, meningkatkan waktu penyerapan zat gizi, merangsang buang air besar, mengistirahatkan kaki kiri, menjaga kesehatan paru – paru, dan menjaga saluran pernafasan. Nah, banyak sekali kan manfaat tidur miring ke sebelah kanan? Biasakan ketika tidur, usahakan miring ke posisi sebelah kanan, sesekali telentang atau miring ke sebelah kiri.
4. Tidur Tanpa Lampu
Nah, pasti anda sudah mengetahui manfaat tidur tanpa lampu kan? Sudah banyak yang membuktikan bahwa tidur tanpa lampu dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh anda, menjadi lebih sehat tanpa gangguan radiasi cahaya lampu. Dan tentunya anda juga harus menjauhkan atau mematikan gadget pada saat tidur.
5. 30 detik
Anda juga disarankan untuk tidak langsung bangun dari tempat tidur, sebaiknya berbaring terlebih dahulu selama 30 detik sambil membuka mata, kemudian duduk dan letakkan kaki di lantai selama 30 detik. Dan berdiri sejenak 30 detik, baru melangkah beraktivitas. Karena, tubuh kita juga membutuhkan persiapan sebelum terbangun.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation