Inilah Penyebab Kerontokan Rambut Yang Bisa Anda Atasi!

index

Ladies, kerontokan rambut menjadi salah satu masalah kerusakan rambut. Jika rambut sudah mengalami kerontokan tentunya kita juga akan merasa risih dan menjengkelkan. Bahkan, rambut menjadi tak lagi indah malah semakin menipis sehingga membuat kita semakin tak percaya diri tentunya! Tapi, tahukah anda beberapa penyebab kerontokan pada rambut yang mungkin saja bisa anda hindari? Yuk, simak berikut ini:

 

1. Stress Fisik

Beberapa faktor dari penyebab kerontokan rambut salah satunya adalah dari stress fisik. Ya, jika anda mengalami trauma fisik seperti bekas operasi atau penyakit tertentu bisa menyebabkan kerontokan pada rambut yang biasa disebut sebagai telogen effluvium. Setiap proses selalu memiliki siklus tersendiri sama halnya rambut juga memiliki siklus sendiri seperti masa pertumbuhan, masa rehat, hingga regenerasi atau pergantian. Pengaruh stress fisik justru akan menghambat siklus itu sendiri hingga menekannya pada masa pergantian. Namun, biasanya kita menyadari telah mengalami kerontokan rambut selama 3 – 6 bulan ke depan setelah trauma. Tapi tenang saja, kerontokan tidak berlangsung lama dan seiring waktu rambut anda akan tumbuh kembali dengan baik.

2. Masa Menyusui

            Rambut biasanya mengalami kerontokan saat anda sudah melahirkan seorang bayi atau saat masa menyusui. Kenapa? Hal ini dikarenakan saat masa melahirkan timbul rasa traumatis sehingga menekan fase kerontokan rambut. Biasanya setelah beberapa bulan paska melahirkan rambut akan tumbuh kembali.

 

3. Konsumsi Vitamin A Berlebih

            Tanpa kita sadari, terlalu banyak mengkonsumsi Vitamin A juga menjadi salah satu pemicu kerontokan rambut. Ada beberapa batasan tertentu dimana seseorang harus mengkonsumsi Vitamin A sesuai porsi dan usianya. Bagi orang dewasa, normalnya mengkonsumsi Vitamin A sebanyak 5.000 IU sedangkan pada anak – anak di atas usia  4 tahun sebanyak 2.500 – 10.000 IU. Jadi, batasi atau kurangi konsumsi Vitamin A dalam tubuh untuk menghindari kerontokan rambut.

 

4. Kurangnya Asupan Protein

            Bagaimana hubungan protein dan kerontokan rambut? Ya, jika tubuh anda mengalami kekurangan protein lama – kelamaan tubuh akan mengambil protein dari rambut dan inilah yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. So, cukupi asupan protein anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging merah, telur, ikan dan kacang merah.

 

5. Faktor Genitas atau Keturunan

            Faktor penyebab kerontokan yang paling berpengaruh adalah dari faktor genitas atau keturunan. Jadi, jika anda mengalami masalah kerontokan rambut secara kontinu bisa jadi itu dikarenakan faktor keturunan dari keluarga anda. Anda bisa mencoba obat penumbuh rambut untuk mengatasi kerontokan rambut anda.

6. Banyak Pikiran

            Ya, jika anda mengalami stress secara emosional biasanya akan mengalami kerontokan rambut meskipun kecil kemungkinan faktor dari banyaknya pikiran ini. Anda bisa mencegahnya atau mengatasinya dengan melakukan kegiatan positif yang dapat membantu merelaks-kan pikiran anda, seperti olahraga, hangout bareng teman, dsb.

 

7. Hormon Wanita

            Ladies, anda jangan cemas jika saat anda mengenakan pil KB atau anda sudah mengalami menopause sehingga anda mengalami kerontokan rambut karena pergantian secara hormonal bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Dan anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengatasinya.

 

 

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation