Inilah Tips Mengatasi Pembengkakan Kaki Saat Hamil

Inilah Tips Mengatasi Pembengkakan Kaki Saat Hamil

Saat hamil, banyak alasan yang membuat wanita hamil dilarang mengkonsumsi makanan yang sembarangan dan diharuskan untuk lebih menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan banyak nutrisi. Hal ini, demi menjaga kesehatan Ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Ya, larangan – larangan tersebut memang wajar!
Selain itu, masalah pembengkakan dikaki pada wanita hamil juga bisa menjadi ancaman tersendiri bagi sang Ibu. Terjadinya pembengkakan kaki diakibatkan karena pada saat hamil, tubuh memproduksi lebih banyak cairan dan prosesnya berlangsung lebih banyak dari biasanya. Selain itu juga, rahim yang semakin membesar lebih memberikan tekanan pada pembuluh darah juga menjadi penyebab kenapa ibu hamil mempunyai permasalahan ini.
Ladies, meskipun hal ini akan hilang dengan sendirinya setelah melewati proses melahirkan. Namun, pembengkakan dikaki juga akan membuat sang Ibu merasa tidak nyaman. Nah, bagaimana cara mengatasi atau mengurangi terjadinya pembengkakan dikaki pada Ibu hamil? Yuk, simak tips berikut ini :
1. Olahraga
Saat hamil, bukan berarti anda juga harus menghentikan aktivitas olahraga anda ladies! Anda bisa melakukan olahraga ringan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Ibu hamil, contohnya adalah yoga untuk Ibu hamil. Ladies, yoga ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melenturkan tubuh anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga renang. Merenang dapat mengurangi pembengkakan dikaki, dikarenakan kaki akan dilatih terus bergerak sehingga melancarkan peredaran darah. Namun, olahraga renang ini juga harus sesuai dengan petunjuk dari dokter kandungan anda ya, ladies!
2. Pijat
Ladies, anda juga bisa dengan rutin melakukan pijatan ringan disekitar kaki agar tidak bengkak. Jika anda menggunakan jasa seorang tukang pijat, anda harus datang ke tempat ahli pijat khusus untuk Ibu hamil untuk mengurangi pembengkakan dikaki.
3. Perbanyak minum air putih
Kandungan mineral yang terdapat dalam air putih banyak dimanfaatkan oleh tubuh. Terutama bagi anda yang sedang hamil, untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan anda harus perbanyak minum air putih. Banyak manfaat dengan meminum air putih, salah satunya badan anda akan mendapatkan cairan yang cukup yang diperlukan oleh tubuh sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki.
4. Posisi tidur miring ke kiri
Ladies, biasakan untuk tidur dengan posisi miring ke arah kiri. Karena jika anda miring ke sebelah kanan, dapat menghambat aliran pembuluh darah ke jantung. Selain itu, ladies juga bisa menyanggah kaki dengan guling agar sistem aliran darah lebih lancar.

Ok, ladies yang sedang menikmati proses – proses kehamilannya. Ikuti tips di atas ya! Semoga tips yang diberikan bisa membantu anda para calon Ibu untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki. Dan juga tetap menjaga kesehatan anda dan janin yang ada di dalam kandungan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *