Jenis Kecerdasan Manakah yang Anda Miliki?

Setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing. Sayangnya, tak semua orang yang memahaminya dan tak mengasahnya. Jika semua orang dapat memanfaatkan dan mengasah kecerdasannya tersebut, maka tentunya dia akan menjadi manusia yang berkualitas.

Jadi, kenalilah jenis kecerdasan-kecerdasan berikut ini.

KECERDASAN LINGUISTIK:
Kemampuan menggunakan bahasa untuk mendeskripsikan/menjelaskan kejadian, membangun sebuah kepercayaan dan kedekatan, berinteraksi dengan sesama, mengembangkan argumen logika dan retorika, atau mengungkapkan ekspresi dan metafora. Beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan linguistik adalah wartawan, reporter, tenaga penjual, penyair, copywriter, penulis, pengacara.

KECERDASAN MUSIKAL:
Kemampuan untuk mengerti dan mengembangkan teknik musikal, merespon terhadap musik, menggunakan musik sebagai sarana untuk berkomunikasi, menginterpretasikan bentuk dan ide musikal, dan menciptakan pertunjukan dan komposisi yang ekspresif. Beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan musikal adalah guru musik, pembuat instrumen atau alat musik, pemain band atau konduktor, DJ, kritikus musik, kolektor musik, pencipta lagu atau penyanyi.

KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA:
Kemampuan menggunakan angka-angka untuk menghitung dan mendeskripsikan sesuatu, menggunakan konsep matematis, menganalisa berbagai permasalahan secara logis, menerapkan matematika pada kehidupan sehari-hari, peka terhadap pola tertentu, serta menelaah berbagai permasalahan secara ilmiah. Beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan logika matematika adalah : akuntan, ahli statistik, insinyur, penemu, pedagang, dan pembuat program komputer.

KECERDASAN SPASIAL:
Kemampuan untuk mengenali pola ruang secara akurat, menginterpretasikan ide grafis dan spasial serta menterjemahkan pola ruang secara tepat. Beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan spasial adalah photographer, decorator ruang, perancang busana, arsitek, sutradara film.

KECERDASAN KINESTETIK (BODILY-KINESTHETIC ):
Kemampuan untuk menggunakan seluruh atau sebagian dari tubuh untuk melakukan sesuatu dan menggunakannya untuk menciptakan bentuk ekspresi baru. Beberapa jenis pekerjaan yang yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah mekanik, pelatih, pengrajin, atlet, aktor, penari, koreografer.

KECERDASAN INTERPERSONAL:
Kemampuan untuk mengorganisasikan orang lain dan mengkomunikasikan secara jelas apa yang perlu dilakukan, berempati kepada orang lain, membedakan dan menginterpretasikan berbagai jenis komunikasi dengan orang lain, dan memahami intensi, hasrat, dan motivasi orang lain. Beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan interpersonal adalah manajer, politisi, pekerja sosial, pemimpin, psikolog, guru, konsultan.

KECERDASAN INTRAPERSONAL:
Kemampuan untuk menilai kekuatan kelemahan, bakat, ketertarikan diri sendiri serta menggunakannya untuk menentukan tujuan, menyusun dan mengembangkan konsep dan teori berdasarkan pemeriksaan kedalam diri sendiri, memahami perasaan, intuisi, temperamen, dan menggunakannya untuk mengekpresikan pandangan pribadi. Beberapa jenis pekerjaanyang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah pemuka agama, ahli filosofi, perencana.

KECERDASAN NATURALIS:
Kemampuan untuk mengenali dan mengelompokkan dan menggambarkan berbagai macam keistimewaan yang ada di lingkungannya. Beberapa pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan naturalis ini adalah ahli biologi atau ahli konservasi lingkungan.

KECERDASAN EKSISTENSIAL:
Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi  mengenai kehidupan, kematian dan realita yang ada. Sehingga muncullah pemikiran-pemikiran dan rasa ingin tahu terhadap hal tersebut. Anak-anak dengan tingkat kecerdasan eksistensial yang tinggi mungkin akan menunjukkan keingintahuan mengenai bagaimana bumi bertahun-tahun yang lalu, mengapa kita ada di bumi, apakah ada kehidupan di planet lain, kemana mahluk hidup setelah mati, apakah ada dimensi kehiduapn lain dan berbagai pertanyaan sejenisnya.

Jenis kecerdasan manakah yang anda miliki? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *