Kandungan Minyak Akar Wangi dan Manfaatnya

Minyak Akar Wangi Vetiver

Minyak vetiver juga dikenal sebagai minyak khus. Minyak ini adalah minyak dari tumbuhan yang kurang terkenal namun memiliki aroma yang harum. Aromanya mengingatkan kita dengan aroma lemon. Minyak ini diyakini dapat menenangkan dan menstabilkan emosi, minyak ini juga memiliki berbagai manfaat seperti halnya minyak esensial lain.

Apakah Minyak Esensial Vetiver itu?

Vetiver, umumnya dikenal sebagai akar wangi. Vetiver adalah rumput abadi yang merupakan keluarga Poaceae, yang berasal dari India Barat dan Utara. Di India tanaman ini dikenal sebagai khus. Vetiver (Vetiveria zizanioides), berasal dari Bahasa Tamil yang berarti “menetas”, tanaman ini bisa tumbuh hingga 1,5 meter (4,9 kaki). Tanaman ini juga memiliki batang dan daun yang panjang, tipis dan kaku. Bunganya berwarna kecoklatan dan ungu. Vetiver berasal dari India namun secara luas dibudidayakan di daerah tropis di seluruh dunia. Minyak esensial vetiver diproses melalui distilasi uap akar tanamannya. Tanaman ini memiliki aroma yang kuat. Banyak yang tidak mengetahui jika di India selama berabad-abad minyak ini menjadi barang yang terkena pajak. Kegunaan minyak vetiver yang paling bermanfaat adalah pada masalah tidur.  Minyak ini juga membantu mengurangi kegelisahan.

Manfaat Minyak Vetiver dan Penggunaannya

Hampir seluruh bagian tanaman vetiver dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Akar adalah bagian utama yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Minyak esensial Vetiver secara luas digunakan sebagai wewangian, termasuk produksi parfum, penyegar dan pendingin ruangan, serta sabun, kosmetik, dan juga minyak. Minyak ini juga dapat digunakan sebagai tambahan dalam minuman, seperti sorbets dan foodstuffs. Efek aromatik minyak ini pada pikiran adalah dapat menenangkan dan menyeimbangkan, sementara manfaat lainnya adalah sebagai antiseptik, antispasmodik, pemanas dan sedatif pada sistem saraf, dan merangsang sistem peredaran darah yang lancar. Minyak Vetiver bersifat menenangkan dan dapat mengurangi emosi marah, histeria, dan mengurangi kegelisahan. Neurotik pada minyak ini akan mengurangi stres dan ketegangan. Manfaat-manfaat revitalisasi membuatnya membantu mengurangi kelelahan fisik dan pikiran, dan untuk menangani isu-isu mulai dari sakit biasa, insomnia dan perasaan cemas.

Kandungan Akar Wangi (Vetiver)

Menurut sebuah penelitian dari U.C. Lavania dari India, 8 komposisi kimia dari minyak vetiver bekerja dengan sangat kompleks. Minyak ini terdiri dari seskuiterpen dan seskuiterpen derivatif, vetiverols, senyawa karbonil dan ester, yang berfungsi sebagai konstituen utama. Banyaknya komposisi kimia ini biasanya menentukan kualitas minyak. Tiga senyawa karbonil dianggap komponen aroma yang memengaruhi minyak esensial ini. Senyawa ini yang digunakan untuk campuran parfum dan kosmetik. Minyak esensial vetiver juga merupakan bahan utama dalam 36 persen parfum berkualitas dari Barat dan 20 persen dari wewangian semua laki-laki didunia. Dalam parfum, vetiver sering disebut dengan kata Lavania. Sebuah studi terpisah yang diterbitkan dalam Journal of Esensial Oil Researches, minyak esensial vetiver mengandung sekitar 110 konstituen, terutama seskuiterpen. Konstituen karakteristik yang lain adalah beta-vetispirene (1,6-4,5 persen), khusimol (3,4-13,7 persen), vetiselinenol (1,3-7,8 persen) dan alpha-vetivone (2,5-6,3 persen).

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Akar Wangi untuk Terapi ?

Karena minyak esensial memiliki sifat yang sangat kuat, disarankan untuk mengencerkan minyak vetiver ini dengan minyak lain sebelum memakainya, seperti minyak kelapa. Anda bisa menggunakan satu tetes untuk 1 sampai 3 sendok teh minyak kelapa. Dan perlahan, tambahkan minyak esensial sesuai kebutuhan.

Minyak vetiver bekerja dengan terapi uap untuk mengatasi keluhan saraf, menurunkan emosi dan perasaan mudah tersinggung, juga meringankan keluhan insomnia. Minyak ini juga dapat dicampur dalam minyak pijat atau diencerkan dalam bak mandi. Melalui cara ini minyak dapat membantu kelelahan pikiran dan fisik, keluhan saraf, rematik dan nyeri rematik juga penyembuhan kulit.

Minyak esensial ini juga dapat digunakan dalam bentuk krim atau lotion dan gizi untuk kulit. Manfaat utama minyak ini adalah membantu menghaluskan kulit kering, iritasi dan dehidrasi, juga membantu mengurangi keriput dan stretch mark. Namun, umumnya minyak ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara internal.

Apakah Minyak Esensial Vetiver Aman?

Minyak esensial ini dianggap non-iritasi, non-sensitisasi dan tidak beracun, dan karena itu umumnya dapat dikatakan jika minyak ini tergolong minyak yang aman. Tapi berhati-hatilah untuk wanita hamil, Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum menggunakan minyak ini begitu pula pada pada anak-anak. Sebelum digunakan, ingatlah untuk selalu menguji sensitivitas kulit dengan melakukan tes patch. Selalu encerkan minyak vetiver dengan minyak, seperti minyak kelapa. Mengingat kualitas dan komposisi minyak ini, minyak ini sangat tidak disarankan untuk ditelan.

Berapa Harga Minyak Akar Wangi (Vetiver)

Karena Minyak Akar Wangi dalam memperolehnya memerlukan proses yang lumayan panjang dan membutuhkan banyak akar wangi kering, maka harga minyak akar wangi cukup mahal. Anda bisa mendapatkan minyak akar wangi / vetiver kualitas super dengan harga Rp 75.000 ukuran 10ml. Untuk informasi pemesanan bisa kontak ke nomer 085743435182

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation