Kenali 5 Makanan Yang Membuat Kulit Anda Rusak

Kenali 5 Makanan Yang Membuat Kulit Anda Rusak

Makanan merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Kesehetan kulit pun berpengaruh pada jenis makanan yang kita makan. Tapi, tahukah anda penyebab kulit keriput, kusam, lingkaran dibawah mata tidak hanya dipengaruhi pleh kurangnya perawatan? Akan tetapi semua itu juga dapat disebabkan oleh makanan yang kita makan sehari – hari.

Jadi, mulai dari sekarang selain mengatur pola makan juga kita harus lebih selektif memilh makanan yang mempunyai nilai gizi dan nutrisi yang cukup, tentunya bagi kesehatan kita, termasuk kesehatan kulit. Dan pastinya, anda tidak ingin kulit anda mengalami kerusakan seperti yang dijelaskan diatas kan? Anda harus mengenali beberapa makanan yang perlu anda hindari berikut ini agar kulit anda tidak bermasalah :

1. Gula
Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula juga tidak baik bagi kesehatan kulit lho! Kenapa? Karena, kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak kolagen yang merupakan protein bagi kulit anda. Sehingga, dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan muncul garis – garis halus pada kulit. Jika anda penggemar makanan manis, siasati dengan mengkonsumsi buah – buahan secara teratur.

2. Garam
Tidak hanya gula, mengkonsumsi garam secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan kulit anda. Jadi, makanlah makanan yang mengandung garam dengan kadar yang tidak berlebihan. Nah, mulai sekarang batasi mengkonsumsi makanan – makanan yang asin ya, ladies! Terutama jika anda sudah berusia diatas 40 tahun. Karena, kadar garam yang tinggi dapat mengakibatkan mata bagian bawah menjadi bengkak. Nah, tidak hanya itu! Kelebihan garam dapat menyebabkan retensi air pada kulit, sehingga wajah akan tampak terlihat lebih tua.

3. Kafein
Bagi penggemar kafein nih, mulai sekarang anda harus membatasi asupan kafein dalam tubuh, seperti kopi dan cokelat. Bagaimana pengaruh kafein terhadap kerusakan kulit? Hal ini disebabkan karena kafein dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh, sehingga akan memberikan efek penuaan pada kulit. Selain itu, efek diuretik yang berasal dari kandungan kafein juga dapat mengakibatkan kulit menjadi dehidrasi dan membuat kulit menjadi keriput, sehingga efeknya akan membuat anda terlihat lebih tua.

4. Makanan yang mengandung lemak jenuh
Lemak jenuh, selain tidak baik bagi kesehatan tubuh juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan kulit anda. Anda harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh ini. Apa sajakah makanan yang mengandung lemak jenuh ini? Makanan yang perlu anda hindari yang mengandung lemak jenuh, adalah daging, mentega, dan beberapa makanan yang digoreng. Pengaruh buruk lemak jenuh ini dapat mencegah air masuk kedalam kulir mencapai sel – sel kulit anda, sehingga anda akan terlihat lebih tua.

5. Makanan yang kaya akan kandungan glisemik
Roti putih, pasta, dan kentang merupakan makanan yang memiliki kandungan glisemik tinggi yang harus anda hindari untuk menjaga kulit tetap elastis. Karena makanan yang memiliki kandungan glisemik tinggi ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit anda, seperti meningkatnya gula darah dalam tubuh yang dapat mempercepat proses penuaan serta memecah kolagen dan elastin yang merupakan protein penting bagi kulit.

Nah, sekarang anda sudah mengenali beberapa makanan yang dapat merusak kulit kan?jadi, anda harus menghindari atau mengurangi kadarnya agar tidak berlebihan yang berdampak buruk bagi kesehatan anda. Mulai dari sekarang, perhatikan jenis makanan yang anda konsumsi ya, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *