Kenali 9 Tanda Keguguran Pada Ibu Hamil

Diet-Ibu-hamil

Siapa sih yang tidak bahagia saat diketahui bahwa anda sedang hamil? Sebagai calon Ibu baru, dan baru merasakan kehamilan pertama pastinya sangat bahagia karena ada janin didalam kandungannya. Kebahagiaan seorang wanita ketika hamil tidak dapat diungkapkan dengan kata – kata, sulit mengungkapkan betapa bahagianya perasaan seorang wanita karena akan memiliki bayi. Trimester pertama kehamilan adalah saat – saat dimana anda sangat menjaga janin dalam kandungan anda secara intensif. Tapi, tahukah anda bahwa keguguran secara tidak disengaja ataupun tanpa diketahui bisa saja terjadi, apalagi bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Nah, untuk lebih jelasnya coba lihat tanda – tanda keguguran dibawah ini :

Baca Juga : Tips Merencanakan Kehamilan Setelah Keguguran

1. Merasakan sakit yang hebat diperut
Saat anda mengalami keguguran akan mengalami sakit yang hebat pada perut anda karena pelvis mengejang. Bahkan rasa sakit tersebut akan berlangsung selama beberapa hari baik sebelum maupun setelah pengejangan terjadi.

2. Mengalami pendarahan
Tanda keguguran lainnya adalah mengalami pendarahan yang sangat banyak. Akan tetapi, setiap pendarahan pada kehamilan menandakan anda keguguran karena bisa saja terjadi pada kehamilan normal. Sebaiknya saat terjadi pendarahan, anda segera menghubungi dokter kandungan untuk diperiksakan keadaan kandungan anda. Namun, Jika anda mengalami pendarahan dari vagina dan terdapat lembaran-lembaran seperti daging, dapat dipastikan bahwa anda telah mengalami keguguran.

3. Kehilangan tanda kehamilan
Jika anda tidak lagi mengalami morning sickness atau mual – mual, keletihan, sakit dibagian belakang tiba – tiba tidak anda rasakan lagi. Hal ini bisa dikatakan bahwa anda telah mengalami keguguran.

4. Tidak dirasakan adanya denyut jantung bayi
Inilah pentingnya untuk selalu memeriksakan kandungan minimal sebulan sekali. Hal ini untuk selalu memeriksa keadaan denyut jentung bayi. Jika, ternyata denyut jantung bayi tidak dapat didekteksi, maka bisa dikatakan bahwa bayi sudah meninggal dalam kandungan.

5. Tidak ada pergerakan janin
Janin dalam kandungan biasanya selalu aktif bergerak, namun terkadang diam ketika sedang beristirahat dalam kandungan. Tetapi, pergerakan janin biasanya lebih dirasakan ketika sang Ibu sedang istirahat. Namun, jika anda tidak lagi merasakan pergerakan janin dalam kandungan anda dalam waktu 24 jam, segeralah menghubungi dokter kandungan. Karena kemungkinan janin telah meninggal dalam kandungan.

6. Sakit dibagian belakang
Jika anda sering merasakan sakit yang berkelanjutan didaerah punggung, maka itu merupakan tanda terjadinya pengejangan dan bisa diindikasikan sebagai tanda keguguran.

7. Perubahan test pack dari positif ke negatif
Dengan mengalami perubahan pada test pack dari positif ke negatif, maka anda telah mengalami keguguran. Jika anda mencurigai beberapa pertanda diatas, untuk memastikannya anda harus lakukan kembali uji test pack untuk memastikan apakah anda keguguran atau tidak.

8. Serviks terbuka
Pada kehamilan normal, serviks biasanya dalam keadaan tertutup. Namun, jika serviks terbuka, dapat diperkirakan bahwa anda telah mengalami keguguran.

9. Jumlah hormon HCG turun
Untuk mengetahui jumlah hormon HCG, anda harus memeriksakan diri ke bidan/dokter terdekat. Hormon HCG adalah hormon yang menyesuaikan janin dengan keadaan tubuh ibu, jadi jika saat anda diperiksa kemudian mengalami penurunan hormon HCG, maka dapat dipastikan bahwa anda mengalami keguguran.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation