Kenali Penyebab Mata Panda

Mata panda atau lingkaran gelap di mata dapat timbul ketika seseorang merasa kelelahan, kurang tidur, dan terlalu banyak menatap layar komputer. Hanya saja mata panda tidak muncul hanya karena itu saja, masih banyak hal lain yang dapat memicu lingkaran gelap di mata. Bahkan pada beberapa kasus, mata panda dapat diindikasikan sebagai gejala penyakit anemia, liver atau dehidrasi.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya lingkaran gelap di seputar mata. Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu terjadinya lingkaran gelap pada daerah mata:

Penuaan
Tipis dan halusnya kulit pada bagian mata akan membuat kulit pada bagian tersebut semakin menipis ketika seseorang bertambah tua. Menipisnya kulit di seputar mata membuat pembuluh darah lebih terlihat sehingga lingkaran gelap dapat muncul.

Nutrisi yang kurang
Jika tubuh kekurangan nutrisi, lingkaran gelap di bawah mata dapat muncul. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, K dan E serta sayuran beraneka warna untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencukupi nutrisi tubuh.

Kelelahan dan kurang tidur
Jangan sampai kurang tidur ya ladies karena kurang tidur dapat membuat wajah menjadi lebih pucat sehingga pembuluh darah di seputar mata menjadi lebih terlihat biru atau gelap.

Rokok dan alkohol
Konsumsi rokok dan alkohol ditambah tidur terlalu malam dapat memperlihatkan efek pertama kali ke bagian mata. Kulit di seputar mata akan menjadi lebih gelap karena mengalami dehidrasi akibat efek diuretik yang terkandung dalam alkohol

Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan pigmentasi kulit pada bagian dermis atau pun epidermis. Kulit akan terlihat coklat ketika melanin terlalu banyak diproduksi di bagian epidermis. Sedangkan jika sudah diproduksi di bagian dermis, maka kulit akan berwarna biru atau biru keabuan.

Perubahan hormon
Lingkaran gelap di mata juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon terutama pada wanita ketika sedang hamil atau menstruasi.

Alergi
Lingkaran gelap di mata dapat terjadi ketika anda sedang alergi terhadap makanan atau kondisi tertentu. Gesekan tangan ke daerah mata ketika mata gatal juga dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata.

Anemia
Lingkaran gelap pada daerah mata dapat terjadi ketika anda kekurangan zat besi yang berakibat anemia. Ubahlah gaya hidup anda dan konsumsi makanan seperti sayuran hijau dan produk olahan agar kebutuhan zat besi pada tubuh tercukupi.

Lingkaran gelap pada mata seringkali dapat diatasi dengan menempelkan mentimun ke kelopak mata atau menggunakan kantung teh chamomile yang telah diseduh. Selain itu, mengenali penyebab mata panda, tidur atau istirahat yang cukup, dan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dapat menjadi patokan untuk mengatasi lingkaran gelap pada mata.

Sumber : Wolipop.com

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation