Kenali Sakit Kepala Anda!

Kenali Sakit Kepala Anda

Menurut sebuah survei, sekitar sepuluh juta orang di Inggris sering pergi ke dokter dengan keluhan sakit kepala. 70% di antaranya dialami oleh perempuan. Beberapa kasus dapat sembuh dengan mengonsumsi obat, tetapi beberapa yang lain berujung pada kondisi serius. Sebenarnya, beberapa jenis sakit kepala dapat dikenali sendiri. Jika ringan, maka sakit kepala yang diderita tidak perlu sampai membawa Anda kepada dokter karena beberapa tips dapat kita lakukan untuk menghilangkan sakit kepala itu.

Hal itu tentu hanya dapat dilakukan kalau kita mengenali beberapa tanda dari sakit kepala yang diderita. Diagnosis yang salah berarti juga pengobatan yang salah, yang tentunya malah akan memperparah kondisi sakit kepala yang Anda alami. Oleh karena itu, mari simak beberapa jenis sakit kepala berikut. 🙂

  • Sakit kepala tegang. Biasanya jenis sakit kepala ini berupa ketidaknyamanan di sekitar kepala, dan berlangsung hingga beberapa jam. Jenis sakit kepala ini disebabkan oleh kecemasan, kelelahan dan dehidrasi. Karenanya, untuk mengobati sakit kepala jenis ini biasanya cukup dengan minum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen.
  • Sakit kepala karena ketegangan mata. Sakit kepala jenis ini terjadi jika Anda sudah terlalu lama berada di depan komputer. Menatap layar terlalu lama akan menyebabkan mata Anda kering, sakit mata yang diikuti dengan sakit kepala. Untuk mengatasinya, usahakan mengistirahatkan mata Anda selama beberapa saat setiap 30 menit sekali, dengan cara memandang ke arah lain.
  • Sakit kepala cluster. Umumnya sakit kepala ini disertai nyeri berat yang dirasakan di satu mata. Sakit kepala biasa terjadi pada waktu-waktu tertentu, seringkali saat jam-jam tidur, selama 4-8  minggu. Di beberapa kasus, sakit kepala jenis ini disertai mata merah dan berair, serta hidung tersumbat. Cara mengatasinya adalah dengan meminum obat penghilang rasa sakit. Akan tetapi, akan lebih baik jika mengonsultasikan ke ahli saraf. Jika kondisi memburuk, diperlukan scan otak sebagai pencegahan terhadap dampak yang lebih buruk.
  • Sakit kepala sebelah, atau sering disebut migrain. Seperti yang diketahui dari namanya, sakit kepala jenis ini dirasakan di sebelah kepala. Migrain biasanya disertai keluhan rasa tidak nyaman di perut, muntah, dan rasa silau pada mata.
  • Vertigo, adalah sakit kepala yang membuat penderitanya merasakan pandangannya berputar-putar. Vertigo terjadi karena gangguan pusat keseimbangan yang ada di belakang telinga. Itulah sebabnya mengapa ketika Anda menderita vertogo, Anda akan merasakan ruang di sekitar Anda berputar sehingga menjadi sulit untuk berjalan.

 

Nah, jika Anda sering terserang sakit kepala, berikut ini ada tips-tips sederhana yang mungkin bisa membantu Anda tanpa harus pergi ke dokter. 😉

  1. Tidur yang Cukup

Istirahat yang cukup akan membantu Anda terhindar dari sakit kepala, karena sebagian besar kasus sakit kepala terjadi karena kelelahan dan kurang istirahat. Namun, jangan sampai tidur Anda juga berlebihan. Jika semalamnya begadang, usahakan bangun dulu di pagi hari, melakukan aktivitas ringan sebelum Anda tidur kembali.

  1. Makan yang Teratur

Selain kurang istirahat, perut yang kosong adalah salah satu penyebeb sakit kepala datang menyambangi Anda. Karenanya, sebisa mungkin hindari keadaan perut Anda kosong. Makan yang teratur, dan jangan melewatkan waktu sarapan Anda.

  1. Minum Air

Air putih memang manjur untuk meredakan sakit. Minumlah air putih setidaknya delapan hingga sepuluh gelas satu hari. Hal itu untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi yang mengundang datangnya sakit kepala.

  1. Gunakan Es Batu

Ketika terlanjur terserang sakit kepala, Anda dapat menggunakan es batu sebagai pertolongan pertama. Sekantong es yang ditempelkan di daerah kepala atau belakang leher akan membuat Anda merasa lebih baik, karena mengurangi ketegangan yang dirasakan akibat sakit kepala.

  1. Pijat

Lakukan pemijatan selama yang Anda butuhkan utnuk merasa rileks. Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak pepermint untuk dioleskan di dahi, tulang rahang atau belakang leher. Minyak ini bertindak sebagai krim kortison alami yang mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf serta merevitalisasi energi.

  1. Atur Posisi Nyaman

Jika sakit kepala (khususnya vertigo) melanda Anda, segera rebahkan diri dan pejamkan mata Anda di ruangan yang minim cahaya dan tidak berisik. Atur napas dengan baik.

 

Nah, Ladies, selain tips di atas, jagalah kesehatan Anda dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur, rajin berolahraga dan berpikiran positif. Semoga bermanfaat ya, Sobat! 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation