Ketahui Bahaya Saos Botolan Kaki Lima

Ketahui Bahaya Saos Botolan Kaki Lima

Suka makan bakso, mie ayam, siomay atau batagor di pinggir jalan? Kalau iya, berarti Anda tahu saos dalam kemasan botol sebesar botol kecap.  Atau jangan-jangan Anda sangat gemar mengkonsumsi jajanan pinggir jalan dengan dicampuri saos tersebut? Jika benar, maka mulai dari sekarang sebaiknya Anda hentikan kebiasaan tersebut.

Anda harus mengerti dan peduli pada kesehatan Anda sendiri. Banyak orang tahu bahwa saos-saos tersebut mengandung zat aditif seperti bahan pengawet, pewarna, penguat rasa (mono sodium glutamat) dan lain sebagainya, hanya saja kebanyakan orang masih menganggap remeh hal itu.

Ketahuilah bahaya saos botolan kaki lima, berikut ini:

1. Bahan mono sodium glutamat merupakan zat yang sulit dicerna oleh alat cerna manusia, otomatis unsur nutrisi yang lain pencernaannya juga akan terhambat, jika tubuh sudah sulit untuk mendapat asupan gizi maka jangan heran jika perkembangan otaknya juga lambat.

2. Bahan pengawet yang dikonsumsi terus-menerus memicu risiko kanker hati. Padahal hati berfungsi menetralkan racun di dalam tubuh. Jika hati mengalami gangguan atau rusak, maka Anda tahu bagaimana akibatnya seperti apa, bukan? Racun-racun yang terbawa dari makanan atau minuman akan merajalela dalam tubuh Anda.

3. Bahan dasar pembuatannya yaitu tomat tidak hiegenis dan sudah busuk serta penyimpanan dan suhu penyimpanan yang tidak benar.

Anda juga perlu tahu bahwa tomat busuk tersebut dicampur dengan bahan pengawet mayat yaitu formalin sehingga tetap awet dan rasanya yang cenderung gurih, ataupun menggunakan penyedap kain batik yang sangat tidak aman untuk tubuh. Terlebih lagi bila saos tersebut juga ditambahi cabe yang tidak dan kalau membuat saos sambal dari sisa cabe yang sudah tidak segar, terkadang  bisa tercampur ulet atau belatung!

Selain itu pernahkah saos botolan itu tak sengaja menempel di tangan atau baju Anda, lalu meninggalkan bekas yang agak sulit hilang? Nah, bayangkan jika Anda sering mengonsumsi makanan/camilan yang dicampuri saos-saos sejenis tersebut, dampaknya bagaimana pada lambung serta organ-organ pencernaan lain?

Ladies, ingat, kesehatan mahal harganya, jangan sepelekan hal kecil yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *