Ketahui Efek Samping Sering Makan Junk Food

junk-food

Terkadang, kita memang tak sempat memasak dengan menu agak ribet , sehingga lebih memilih membuat makanan cepat saji seperti mie instan, atau membeli makanan jenis junk food. Sesekali menikmati junk food tak masalah, akan tetapi bisa menjadi masalah jika Anda menjadikan “makanan sampah” ini sebagai makanan sehari-hari.

Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, VA, makanan seperti karbohidrat dari tepung pati, cookies dalam kemasan, keripik kentang, minuman bersoda yang manis, pizza, burger dan kentang goreng, tidak hanya menambah lapisan lemak di dalam tubuh, tetapi juga dapat menimbulkan gangguan fisik Anda.

Ketahui efek samping sering makan junk food, sebagai berikut:

1. Keriput di usia dini.
Makanan jenis junk food  mengandung cukup banyak gula, lemak trans (yang biasanya digunakan untuk memperpanjang masa berlaku beberapa makanan kemasan), dan tepung yang bisa menyebabkan insulin melonjak naik dan memicu peradangan. Reaksi kimia yang terjadi ketika molekul gula menyerang protein atau lemak jenuh ini bisa mempercepat proses penuaan, karena ia menonaktifkan antioksidan di dalam tubuh. Hal ini pun beresiko terhadap kulit yang sering terpaparan sinar matahari, sebab kurangnya antioksidan dalam tubuh membuat wajah lebih cepat keriput.

2. Mual dan Mulas.
Mengonsumsi makanan junk food yang terlalu banyak bisa memicu gangguan asam lambung. Makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ketika burger atau kentang goreng yang Anda nikmati semalam sebelum dicerna sepenuhnya pada pagi hari, kelebihan asam lambung bisa terdorong naik ke kerongkongan ketika tiba waktu makan, sehingga menyebabkan Anda merasa mual dan mulas.

3. Perut Kembung.
Berbagai makanan olahan yang digunakan pada junk food mengandung kadar sodium yang tinggi. Sodium sendiri merupakan penyebab utama perut kembung. Hal ini disebabkan karena sodium mengatur jumlah darah dalam pembuluh darah, dan sifatnya mengikat air. Asupan sodium yang tinggi akan menarik air dari sel-sel Anda, menyebabkan tubuh menahan lebih banyak cairan sebagai kompensasinya. Minuman soda diet akan membuat kondisi Anda semakin parah, karena gelembung (yang mengandung udara) dan pemanis buatan (yang menyebabkan gas) sama-sama memicu kembung.

4. Memperparah gejala PMS.
Tahukah Anda, makanan sembarangan bisa mempengaruhi PMS Anda? Ada sumber-sumber makanan yang makin membuatnya lebih parah. Misalnya, gula, tepung pati ataupun minuman-minuman manis, karena menyebabkan insulin naik-turun dengan cepat. Hal ini akan memengaruhi senyawa kimia dalam otak dan bisa memperburuk mood swing yang wanita alami.

5. Pusing.
Terkadang ada sebagian orang yang setelah makan makanan yang serba gurih dan berlemak lalu merasa pusing-pusing? Rasa sakit ini bisa dipicu oleh tyramine, bahan kimia yang terbentuk dalam pemecahan protein tertentu pada pewarna makanan dan nitrat (seperti yang terdapat pada hot dogs atau daging olahan lainnya). Bahan-bahan ini meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga menyebabkan perubahan pembuluh darah yang menimbulkan rasa sakit.

6. Obesitas yang dapat memicu kencing manis dan sakit jantung.
Junk food dapat menyebabkan obesitas (kegemukan) karena jumlah kalori yang tinggi dalam tubuh. Obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit kencing manis, penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah dan stroke.

7.Kanker.
Kandungan pengawet dan pewarna pada junk food, dapat menyebabkan kerusakan persarafan, dan meningkatkan faktor timbulnya kanker. Selain itu juga dapat membuat anak menjadi hiperaktif.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Ketahui Efek Samping Sering Makan Junk Food

  1. Mengerikan sekali ya efeknya. Kita harus benar-benar menjaga makanan

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation