Ketahui Risiko Buruk Duduk dengan Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

Ketahui Risiko Buruk Duduk dengan Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

Tanpa kita sadari dan sering kita remehkan bahwa banyak penyakit yang timbul karena kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari. Kita tak pernah tahu bahwa justru kebiasaan tersebut akan menimbulkan penyakit baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Contohnya duduk dengan menyilangkan kaki terlalu laam. Sepintas duduk dengan kaki bersilang tidak akan memberikan efek buruk terhadap kesehatan. Namun Anda perlu mengetahui bahwa ternyata duduk dengan kaki bersilang bisa berdampak buruk pada kesehatan

Penyakit yang bisa timbul yaitu:

  • sakit punggung
  • varises

Mengapa bisa sakit varises hanya karena duduk terlalu lama dengan menyilangkan kaki?

  • Duduk menyilangkan kaki berarti memberikan beban kaki pada kaki yang satunya, sehingga menyebabkan pembuluh darah pada kaki tersebut mengalami sedikit reaksi.
  • Varises sendiri merupakan pembengkakan pembuluh darah yang sering berada pada betis, paha dan beberapa tempat lain. Akibat pembengkakan inilah aliran darah menjadi terhambat. Varises biasanya terjadi pada wanita tua, olahragawan dan pekerja berat.

Varises tidak boleh diremehkan sebab apabila aliran darah terhambat maka secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Seperti yang diketahui, jantung merupakan organ vital untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jadi perlu waspada akan kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama yang berisiko kurang baik untuk jantung.

Selain menyebabkan varises, duduk menyilangkan kaki bisa menimbulkan resiko pada bagian tubuh bagian bawah. Salah satunya adalah bagian punggung. Dengan duduk menyilangkan kaki memberi tekanan pada punggung. Sehingga punggung pun juga kadang terasa sakit atau nyeri. Sakit di punggung ini diakibatkan karena adanya tekanan yang berlebih dari lutut, yang pada akhirnya memberikan efek pada punggung.

Jadi, untuk Anda pekerja kantoran yang biasanya tanpa disadari sering menyilangkan kaki saat duduk, maka sebaiknya sebisa mungkin Anda menghindarinya atau mengatur posisi badan untuk tidak terlalu lama dalam posisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *