Ketahuilah Banyak Khasiat Biji Matahari

Ketahuilah Banyak Khasiat Biji Matahari

Selain bentuknya yang unik dan warna kuning yang menyala indah bagai matahari yang sedang memancarkan cahayanya, tahukah Abda bahwa bunga matahari ternyata memiliki biji (Sunflower Seeds) yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Ada beberapa kalangan yang biasa menyebut biji bunga matahari dengan ‘kuaci’. Kuaci berbentuk kecil-kecil oval atau lonjong berwarna putih, dan ada pula yang berwarna putih-hitam.

Berikut ini khasiat biji bunga matahari:

1. Kesehatan Jantung.

Biji bunga matahari  merupakan sumber vitamin E yang luar biasa. Fungsi vitamin E dalam tubuh sangat penting dalam pencegahan penyakit  sebab dapat menangkal senyawa radikal bebas.  Bila kita mengkonsumsi seperempat cangkir biji bunga matahari, akan diperoleh sembilan puluh persen nilai harian kebutuhan akan vitamin E.

2. Anti-inflamasi.

Vitamin E dalam biji bunga matahari juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang  mengurangi  gejala pada asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

3. Mencegah Kanker.

Biji bunga matahari merupakan sumber selenium. Zat Selenium berfungsi mendorong perbaikan DNA, memperbaiki sel yang rusak, dan menghambat proliferasi sel kanker. Kandungan vitamin E yang sangat melimpah pada biji bunga matahari telah terbukti mengurangi risiko kanker.

4. Kesehatan Tulang.

Biji bunga matahari juga kaya akan magnesium. Sebagian besar magnesium dalam tubuh manusia terdapat dalam tulang. Magnesium dalam biji bunga matahari ini berperan sebagai kolagen dan elastin yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas tulang dan sendi.

5. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Biji bunga matahari memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan HDL (kolesterol baik), jadi dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Melancarkan pencernaan.

Biji bunga matahari mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, jadi cukup baik digunakan untuk mengatasi penyakit sembelit.

7. Perlindungan kulit.

Vitamin E dalam biji bunga matahari merupakan penangkal kerusakan sel. Sehingga baik untuk kesehatan kulit, karena dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kulit yang diolesi vitamin E untuk mencegah kerusakan UV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *