Ketika Anda Hamil

Ketika Anda Hamil

Ketika anda hamil, tentu tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dari biasanya. Selain berkaitan dengan nutrisi janin juga karena anda kini diibaratkan tidak makan untuk diri sendiri saja. Janin mendapatkan asupan makanan ya dari apa yang dikonsumsi sang ibu. Kondisi fisik dan psikis ibu sangat berpengaruh terhadap bayi. Jika ibu hamil berada pada kondisi sehat dan konsumsi makanan sehat maka janin mempunyai kemungkinan besar untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Seringkali ibu hamil disodorkan pada aneka ragam makanan yang dipercaya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Aneka suplemen dan produk susu juga disodorkan kepada ibu hamil. Yuk kenali aneka suplemen, yang mana yang sebenarnya dibutuhkan oleh ibu hamil serta hal-hal yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil

1. Nutrisi penting
Untuk kehamilan yang sehat, seorang ibu membutuhkan nutrisi seperti asam folat, vitamin D, iodin, zat besi dan vitamin B12. Kebutuhan nutrisi tersebut sebaiknya didapatkan dari bahan makanan alami, kecuali jika dokter menyarankan untuk konsumsi suplemen tambahan. Konsumsi suplemen tambahan yang disarankan sesuai dengan petunjuk dokter agar tidak berlebihan.

2. Konsumsi makanan segar kaya serat dan cukupi kebutuhan air
Serat dan air merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, apalagi ibu hamil sering mengalami sembelit. Cukupi kebutuhan air untuk tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

3. Kalsium
Kalsium sangat diperlukan oleh wanita yang sedang hamil maupun yang sedang merencanakan kehamilan. Kebutuhan kalsium selama kehamilan harus tercukupi untuk menjaga kekuatan tulang.

4. Mematuhi jadwal makan
Jangan menyepelekan sarapan agar anda selalu punya cukup energi untuk memulai hari. Selain itu jangan sampai telat makan atau menunda-nunda makan ketika merasa lapar. Pada trisemester akhir kehamilan seringkali ada beberapa ibu hamil yang disarankan untuk menjaga asupan makanan agar bayi tidak overweight saat dilahirkan, namun mencukupi kebutuhan nutrisi tetap diperlukan dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur.

5. Teh atau kopi?
Ibu hamil memang disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi atau teh karena mengandung kafein. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat meningkatkan resiko abortus.

6. Suplemen vitamin A
Konsumsi vitamin A dosis tinggi dapat menyebabkan cacat pada tengkorak, wajah, hati, ginjal dan susunan syaraf pusat. Hindari konsumsi suplemen vitamin A melebihi dosis yang dianjurkan.

7. Minum jamu
Belum ada bukti secara ilmiah bahwa jamu dapat memberikan dampak positif terhadap bayi. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika anda ingin konsumsi jamu-jamuan.

Pada intinya, selalu konsultasikan terlebih dahulu jika anda ingin konsumsi sesuatu yang dirasa kontradiktif dengan kehamilan. Bagaimanapun juga ibu hamil harus cerdas memilih apa yang akan dimakan agar janin semakin tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *