Ketika Sehat Berbuah Cantik

cantik sehat

Tak sekedar cantik rupa dan hati, wanita juga harus sehat. Apa gunanya berdandan cantik dengan make up halus dan baju bagus jika tubuh kita ternyata tidak sehat. Ternyata penampilan fisik kita bisa menjadi indikator kesehatan kita lho.
Berikut ini tanda-tanda peringatan kesehatan dari tampilan fisik kita seperti yang dilansir oleh tabloid Nova:

Mata kurang segar
Tampilan mata juga bisa menjadi indikator kesehatan kita lho. Jika warna kelopak mata tampak kehitaman berarti anda lelah atau kurang darah. Jika bola mata menonjol dari biasanya, maka ada kemungkinan kelenjar gondok bekerja terlalu aktif. Kantung mata, pelupuk mata yang bengkak dan alis mata yang tipis dan jarang bisa menjadi tanda bahwa kelenjar thyroid kurang aktif. Sementara itu jika terdapat lingkaran abu-abu pada sekeliling selapu pelangi atau muncul gumpalan lemak kekuningan atau xanthelasma pada kelopak mata bisa menjadi tanda bahwa kolesterol anda tinggi.

Bibir Kering
Bibir yang kering, pecah-pecah dan sariawan menandakan anda kekurangan vitamin C, stres, dan kelelahan. Jika ada bercak putih atau merah pada gusi, sariawan tanpa sakit yang lebih dari 2 minggu, bisa jadi itu gejala kanker mulut. Jika kekurangan vitamin C, perbanyak konsumsi buah, sayuran, air putih dan beristirahat dengan cukup.

Kuku Rapuh
Jika terdapat bercak putih pada kuku anda, bisa jadi anda kekurangan protein dan seng. Jika kuku tampak datar atau malah terlihat cekung menandakan kekurangan zat besi. Sementara itu kekurangan kalsium bisa ditandai dengan bercak seperti garis horizontal atau vertikal dan bercak hitam pada kuku.

Rambut tipis
Jika rambut anda menipis, kemungkinan anda sedang menjalani diet yang kurang tepat. Lebih baik konsultasikan dengan ahli gizi anda sebelum melakukan diet. Selain faktor stress, perubahan hormonal dan faktor keturunan, diet yang buruk juga dapat merusak rambut karena mengakibatkan rambut kekurangan suplai vitamin seperti B-complex, zat besi, seng dan folic acid.

Bercak di kulit
Perubahan sekecil apapun di kulit seperti lebam kebiruan, kutil atau tahi lalat baru harus diwaspadai. Sel xarcinoma atau bintik kecil berwarna pucat atau kecoklatan akan lebih mudha diobati jika diketahui sejak dini. Selain itu kelebihan berat badan dan menstruasi yang tidak teratur juga menyebabkan muncul jerawat yang parah.

Leher bengkak
Sering-seringlah meraba leher anda dan waspada jika menemukan benjolan yang menetap atau semakin besar. Benjolan pada daerah leher sering disebut dengan gondok yang disebabkan oleh terlalu aktifnya kelenjar gondok atau sebaliknya yang berada di daerah antara jakun dan tulang dada sebelah atas. Gondok juga dapat disebabkan karena kekurangan zat yodium.

Yuk mulai care dengan perubahan pada kondisi fisik kita. Bisa jadi itu merupakan alarm dari tubuh bahwa kita harus kembali mengatur gaya hidup sehat. Bagaimanapun juga kesehatan adalah bagian yang paling penting dalam hidup kita. Jadi tak sekedar cantik, tapi harus sehat juga.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation