Keuntungan Menyusui Bagi Para Ibu

Keuntungan Menyusui Bagi Para Ibu

Menyusui merupakan aktivitas yang normal dari para ibu. Menyusui memiliki beragam keuntungan yang dapat dirasakan oleh si bayi dan ibu. Banyak ibu yang menolak menyusui bayinya dengan berbagai alasan seperti takut menganggu bentuk payudara yang akhirnya akan menganggu penampilan. Mitos yang belum tentu benar ini seharusnya tidak mencegah ibu memberikan ASI pada buah hati karena manfaat yang diberikan sangat besar.

1. Mengurangi Depresi setelah Melahirkan
Sebuah penelitian dari Australia menunjukkan adanya peningkatan depresi setelah melahirkan pada ibu yang tidak menyusui bayinya.

2. Menurunkan Resiko Kanker
Selama menyusui, hormon estrogen dalam tubuh menurun sehingga risiko kanker juga ikut menurun. Diduga penurunan estrogen menyebabkan berkurangnya rangsangan terhadap dinding rahim dan juga jaringan payudara, sehingga memperkecil risiko jaringan tersebut menjadi kanker. Ibu yang menyusui berhasil menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara hingga 25 persen. Semakin panjang durasi menyusui pada anak maka pengurangan tingkat risiko juga semakin besar. Berarti menyusui anak hingga berusia dua tahun bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Menurunkan Berat Badan
Pada masa kehamilan umumnya para calon ibu mengalami kenaikan berat badan. Menyusui akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat daripada mereka yang tidak menyusui.

4. Sebagai KB Alami
Menyusui mengakibatkan terjadinya penundaan masa ovulasi yang mengakibatkan ketidaksuburan ibu sementara waktu. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai KB alami. Kembalinya masa subur ibu tergantung pada kondisi fisik dan pola menyusui.

5. Memperbaiki Kesehatan Emosional
Ibu menyusui tidak terlalu menampakkan gejala depresi postpartum dan kecemasan. Gejala seperti ini cenderung muncul pada ibu-ibu yang memberikan susu formula. Hal ini membuktikan bahwa menyusui ternyata memberikan efek yang positif bagi kondisi emosional. Menyusui dapat menciptakan kontak tubuh dan ikatan batin antara ibu dengan bayi.

6. Lebih Irit
Memberikan susu formula bagi bayi bisa menghabiskan dana jutaan rupiah setiap bulannya tergantung dari jenis susu formula yang dibeli. Saat memberikan ASI, ibu malah tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyusui.

7. Lebih Hemat Waktu
Saat memberikan ASI tidak perlu lagi menyiapkan botol dan mempersiapkan susu. Kapanpun anak membutuhkan, ASI bisa langsung diberikan oleh ibu.

Itulah keuntungan yang didapat oleh ibu bila mereka bersedia menyusui bayinya. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil oleh ibu dan anak, alangkah baiknya bila ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan ASI pada sang buah hati.

Mengenai keengganan beberapa wanita untuk menyusui karena takut merubah bentuk payudara, hal tersebut dapat diatasi dengan merawat payudara secara baik dan benar. Sista bisa memilih bra yang tepat, menjaga pola makan yang baik, melakukan perawatan kulit payudara, dan berolahraga yang memusatkan pelatihan otot dada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *