Khasiat Bunga Chamomile

Sering merasa kram perut ketika menstruasi? Mengidap insomnia dan merasa stres? Jangan khawatir, kabar baik bagi anda yang suka mengkonsumsi teh. Cobalah teh yang berasal dari bunga chamomile. Bunga chamomile merupakan bunga kecil berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning yang merupakan kerabat dari bunga matahari. Bunga cantik ini berasal dari Eropa tenggara, biasanya tumbuh di daerah Eropa dan Asia yang mempunyai empat musim. Ada dua jenis chamomile yaitu chamomile jerman ((Matricaria recutita) dan chamomile romawi (Chamaemelum nobile).

Chamomile dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya dalam air panas seperti membuat teh. Jika dijadikan teh dan diseduh dengan air panas akan menghasilkan teh berwarna bening kekuningan.Chamomile mempunyai banyak manfaat seperti anti inflamasi, anti-spasmodik, anti kanker, antidepresan, dan sebagai antioksidan. Selain itu, chamomile masih mempunyai segudang manfaat lainnya.

Pereda stres
Chamomile mempunyai efek menenangkan tubuh dan relaksasi otot dan saraf. Orang yang mengkonsumsi teh chamomile akan memproduksi zat glycine yang dapat menghilangkan kejang otot. Teh chamomile juga cocok dikonsumsi oleh penderita insomnia. Dianjurkan untuk mengkonsumsi teh chamomile 30-45 menit sebelum tidur untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Anti kanker
Chamomile mengandung bisabolol dan flavonoid yang dapat memberikan rasa rileks serta mengurangi risiko terjadinya penyakit. Kandungan apigenin dalam chamomile dapat menghalangi kemampuan sel kanker payudara, menghentikan penyebarannya dan membuat sel kanker lebih sensitif terhadap terapi pengobatan

Membantu mengatasi masalah pencernaan
Chamomile dapat membantu merilekskan otot-otot perut, mengurangi sembelit, dan menyembuhkan perut kembung

Meningkatkan kekebalan tubuh
Konsumsi teh chamomile dapat meningkatkan hippurate level yang merupakan senyawa yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Mencegah beberapa penyakit
Selain menghambat sel kanker, teh chamomile juga dipercaya dapat menetralkan kadar gula dalam tubuh sehingga terhindar dari diabetes. Teh chamomile juga mampu meredakan sakit kepala dan migrain. Kram karena menstruasi juga dapat diredakan dengan mengkonsumsi teh chamomile.

Merawat kulit
Chamomile juga dapat digunakan untuk meredakan iritasi kulit dengan cara meminum tehnya atau mencampurkan seduhan bunga chamomile ke dalam body lotion yang dioleskan ke kulit. Mencampurkan beberapa teh chamomile ke dalam air mandi bermanfaat untuk melembutkan kulit anda. Selain itu kantong teh celup chamomile dapat digunakan untuk mengompres mata dan mengurangi lingkaran gelap pada mata. Selain itu, teh chamomile juga dapat digunakan dalam perawatan kulit. Campurkan teh chamomile dengan susu bubuk dan oleskan ke wajah, biarkan kering dan bilas dengan air.

Silahkan konsumsi bunga kaya manfaat ini, namun sebelumnya pastikan anda tidak mengalami reaksi alergi ketika mengkonsumsi chamomile . Chamomile juga bereaksi terhadap orang yang mempunyai alergi terhadap rumput. Selain itu ibu hamil, pasien asma dan pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak mengkonsumsi chamomile secara berlebihan.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Khasiat Bunga Chamomile

  1. Kami menyediakan dan menjual bunga chamomile kering yg kami budidayakan sendiri pada ladang dengan ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut pada tanah sebaran vulkanik. Fertilisasi, suhu dingin dan ketinggian yg memadai memnjadi tempat berkembang bunga chamomilemdengan sangat baikmdan menghasilkan bunga kualitas terbaik

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation