Komedo, Komedo dan Komedo Lagi?

Cara-Menghilangkan-Komedo-Secara-Alami

Hayoo, siapa yang tidak kenal dengan si kecil putih atau hitam yang suka nemplok-nemplok di wajah terutama bagian hidung? Yap, komedo memang seringkali menjadi salah satu masalah yang mengganggu kulit. Selain tampilannya yang membuat kulit terlihat bertitik-titik hitam, seringkali foundation tidak cukup ampuh untuk menutupi komedo di wajah. Komedo tetap nongol di wajah. Komedo memang dapat dibersihkan, tetapi seringkali pula muncul kembali di permukaan kulit.

Nah, apa sebenarnya komedo itu? Yuk kita kenalan dulu dengan komedo, sebelum membasminya agar tidak mengganggu penampilan kulit 🙂

Penyebab komedo
Komedo dapat disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Selain itu komedo juga dapat disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh, scrubbing yang berlebihan, menumpuknya sel kulit mati, bahkan penggunaan kosmetik yang salah pun dapat menyebabkan munculnya komedo di kulit.

Komedo bukan jerawat lho
Komedo memang berbeda dengan jerawat lho ladies, jadi jangan salah ya. Jerawat mengalami peradangan sementara komedo tidak, namun komedo yang mengalami luka dan terinfeksi dapat menjadi jerawat.

Penangkal komedo
Komedo dapat dihambat kemunculannya dengan konsumsi makanan seperti buah dan sayur segar serta cukup air minum. hindari pula makanan yang mengandung banyak lemak.

Menghilangkan komedo
Hati-hati ya ladies jika ingin menghilangkan komedo dengan cara memencetnya dengan pinset jerawat. Pemencetan komedo dengan pinset dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan komeda semakin melesak masuk ke dalam pori-pori kulit. Lebih baik gunakan cara alami untuk menghilangkan komedo. Berkut ini beberapa ramuan alami untuk mengatasi komedo putih atau whitehead.

Cara 1
Parut kentang atau iris tipis-tipis dan oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali seharu untuk hasil terbaik.

Cara 2
Komedo juga dapat dibasmi dengan perasan jeruk nipis lho. Gunakan sebagai masker dan komedo putih tidak akan betah berada di wajah anda.

Cara 3
Campurkan oatmeal dan yogurt lalu oleskan pada wajah. Campuran tersebut dapat melembutkan kulit dan menyingkirkan komedo putih.

Cara 4
Ambil putih telur ayam kampung dan oleskan ke seluruh wajah. Tunggu hingga kering dan wajah terasa kering kemudian bilas dengan air hangat. Masker putih telur bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit dan mengangkat komedo.

Cara 5
Hancurkan buah pisang dan oleskan ke wajah sambil dipijat-pijat. Diamkan selama beberapa saat agar khasiat pisang meresap ke kulit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara 6
Scrub sebenarnya merupakan bagian penting dalam mengikis sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan wajah menjadi kusam, jerawat dan timbulnya komedo. Namun perlu diingat bahwa wajah tidak boleh discrub setiap hari karena dapat menimbulkan iritasi atau kulit wajah menjadi kering. Untuk scrub alami. campurkan gula pasir dengan beberapa tetes minyak zaitun lalu balurkan ke wajah sambil dipijat-pijat dengan lembut, terutama di daerah yang banyak terdapat komedo. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation