Kondisi Kesehatan Yang Terlihat Dari Wajah

Kondisi Kesehatan Yang Terlihat Dari Wajah

Pernah mengalami saat-saat dimana wajah anda tampak bengkak, pucat, bibir pecah-pecah, muncul bintik hitam dan kulit yang kering serta kusam? Padahal anda merasa sudah merawat kulit dengan baik. Jangan abaikan hal tersebut. Bisa jadi kondisi kesehatan anda yang terganggu berkaitan dengan asupan nutrisi anda.

Asupan nutrisi melalui makanan memang akan membawa dampak pada tubuh dan kulit kita. Konsumsi makanan yang sehat serta nutrisi yang seimbang dapat membuat penampilan luar kita terlihat lebih segar. Nah, penampilan fisik dari luar memang seringkali menjadi indikasi kesehatan tubuh seseorang. Selain dari rambut, kulit atau mata, kondisi kesehatan kita juga bisa terlihat dari wajah kita lho.

Beikut ini kondisi kesehatan kita yang bisa ditunjukkan melalui wajah kita:

1. Wajah bengkak
Kurang olahraga dan terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol dapat membuat wajah menjadi bengkak. Dr Michael Prager juga mengemukakan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang menyebabkan timbunan lemak terkumpul di sekitar wajah terutama di daerah pipi. Meski tidak mengkonsumsi alkohol, jika malas berolahraga dan jarang bergerak maka wajah pada bagian pipi, dahi dan mata akan terlihat menggembung karena sirkulasi darah yang tidak lancar.

2. Wajah pucat dan bibir pecah-pecah
Kurang konsumsi sayuran hijau dapat menyebabkan wajah menjadi pucat. Kandungan karetenoid dalam sayuran hijau dan buah-buahan merupakan pigmen yang dapat masuk ke dalam tubuh dan memberikan warna sehat bercahaya bagi kulit dan tidak pucat. Selain itu wajah yang terlihat pucat terus menerus dapat menjadi indikasi anda terkena anemia. Sementara itu asupan vitamin D dan B yang kurang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Konsumsilah kacang-kacangan, buah dan paprika untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

3. Bintik Hitam
Konsumsi gula yang berlebihan dapat membuat kulit bereaksi mengeluarkan bintik hitam. Waspadalah jika noda hitam sudah mencapai leher karena bisa jadi itu gejala diabetes.

4. Wajah kurus dan tatapan mata kosong
Melakukan olahraga yang berlebihan seperti lari dapat mengikis lemak di pipi sehingga pipi menjadi cekung dan kurus. Lebih baik melakukan olahraga seperti yoga dan pilates.

5. Kulit wajah yang kering dan kusam
Kulit wajah yang terlihat kering dapat disebabkan oleh dehidrasi pada tubuh. Konsumsi cukup cairan terutama air putih untuk mencegah dehidrasi pada kulit. Kulit yang terhidrasi secara cukup akan tampak sehat dan segar.

Nah, ternyata menjaga kesehatan tubuh sama pentingnya dengan menjaga penampilan fisik. Kondisi fisik anda pun bisa menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan anda. Selalu cukupi asupan nutrisi anda, istirahat yang cukup, hindari merokok dan alkohol, konsumsi banyak buah dan sayuran serta cukup berolahraga dapat menjaga kesehatan anda. Karena jika badan anda sehat, cantik anda akan lebih terpancar :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *