Kulit Cantik Berkat Aneka Rempah

Kulit Cantik Berkat Aneka Rempah

Selama ini tanaman rimpang seperti kunyit, jahe, kencur dan lainnya lebih dikenal sebagai bumbu masakan dan bahan utama aneka jamu. Padahal rempah-rempah tersebut dapat digunakan untuk merawat kulit lho. Selain alami, murah dan mudah dibuat. Yuk cek aneka jenis ramuan dari rempah yang bisa digunakan untuk perawatan kulit.

Kencur
Kencur merupakan jenis rempah yang berbau segar dan biasa digunakan untuk jamu beras kencur. Kencur juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat lho. Caranya parut kencur , peras airnya dan diamkan air perasan tersebut hingga mengendap. Oleskan air perasan tersebut ke wajah sebelum tidur dan bilas keesokan harinya.

Kencur juga dapat digunakan sebagai campuran ramuan pengencang kulit. Caranya campurkan kencur, asam jawa dan daun nangka yang dipotong tipis ke dalam air bekas cucian beras. Aduk rata hingga mengental dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga mengering kemudian bilas dengan air.

Jahe
Jahe merupakan jenis rempah yang berbau khas dan menimbulkan sensasi hangat bagi tubuh. Jahe dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya siapkan satu buah delima, peras airnya dan campurkan dengan dua sendok makan jahe yang sudah diparut. Oleskan pada bagian tubuh yang ingin dihaluskan. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini dua hari sekali.

Jahe juga dapat digunakan untuk menghilangkan sel kulit mati. Aduk rata tiga tetes air perasan jahe, dua sendok makan irisan kulit jeruk dan 2 gelas garam laut. Pijatkan campuran tersebut ke seluruh tubuh dan bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut seminggu satu kali.

Kunyit
Kunyit merupakan rempah dengan warna kuning mencolok. Kunyit dapat digunakan untuk membuat kulit wajah lebih bercahaya. Campurkan bubuk kunyit, beberapa tetes minyak zaitun dan jeruk nipis. Oleskan pada wajah sebagai masker, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Bubuk kunyit juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan mengatasi kulit kusam, kering, dan berjerawat. Campurkan bubuk kunyit dengan santan, oleskan pada tubuh , biarkan hingga kering kemudian mandi dengan air hangat.

Temugiring
Temugiring dapat dijadikan bahan pembuat lulur untuk kulit. Campurkan 100 gr tepung beras, rimpang temugiring 3 jari, rimpang kunyit 1 jari, daun pandan, bunga kenanga, daun kemuning dan kulit jeruk nipis yang telah dicuci bersih. Tumbuk hingga halus dan balurkan ke seluruh tubuh seperti ketika memakai lulur, tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat. Lulur temugiring ini bermanfaat untuk menghilangkan bau badan, melancarkan peredaran darah dan menghaluskan kulit.

Kayu manis
Kayu manis dapat digunakan sebagai campuran dalam membuat pembersih wajah. Campurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis, 2 sdt susu bubuk, 1 sdm teh chamomile, dan madu hingga mengental. Oleskan pada kulit wajah yang telah dibasahi sambil dipijat. Diamkan selama kurang lebih dua menit lalu basuh wajah dengan air.

Nah mudah bukan? Kulit kita pun bisa jadi cantik berkat aneka rempah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *