Kulit Kaki Bersisik dan Pecah – Pecah? Atasi Dengan Tips Berikut Ini!

Kulit Kaki Bersisik dan Pecah – Pecah? Atasi Dengan Tips Berikut Ini!

Kurangnya perawatan pada kaki menyebabkan kulit kering dan pecah – pecah pada sela – sela jari kaki. Jika dibiarkan, hal ini akan semakin mengganggu dan memperparah keadaan kaki anda, ladies! Pasti risih kan kalau kulit kaki bersisik dengan kulit yang mengelupas? Kok bisa ya kaki menjadi kering dan kulitnya berkelupas? Yupz, bisa saja jika anda kurang memberikan perawatan berlebih pada kaki anda. Dan anda perlu tahu bahwa kaki tidak dapat memproduksi minyak tambahan yang diperlukan untuk menjaga kelembabannya, ladies! So, anda harus lebih memperhatikan kesehatan kulit anda dengan melakukan perawatan yang khusus. Tapi, anda tidak perlu khawatir ladies! Karena saat ini banyak produk – produk kecantikan khusus untuk perawatan kaki kering dan pecah – pecah. Namun, daripada kita mengobatinya ada baiknya kita mencegahnya dong! Nah, gimana carannya? Yuk, simak tips berikut ini :

1. Stop penggunaan sabun yang berlebihan pada kaki! Ya, penggunaan sabun cenderung dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sedangkan pada dasarnya kaki tidak mengandung kelenjar penghasil minyak, jadi dapat menyebabkan kulit kaki anda menjadi pecah – pecah. Solusinya adalah setelah mandi, usahakan untuk menepuk – nepuk kaki yang kering dengan menggunakan handuk yang lembut dan pastikan untuk mengusapkannya pada seluruh telapak kaki anda ya, ladies! Hal ini agar kaki anda terhindar dari infeksi jamur yang merupakan faktor penyebab masalah lainnya pada kaki. Nah, setelah mengeringkan kaki, oleskan pula pelembab untuk kaki anda dengan menggosokkan pelembab tersebut hingga formulanya meresap pada kulit kaki anda.

2. Tidak disarankan menggosok atau menggaruk kaki. Saat kaki gatal – gatal akibat iritasi kulit atau apapun, diusahakan untuk tidak menggosok atau menggaruk kaki anda. Menggosok atau menggaruk hanya akan memperparah kulit kaki anda. Sebaiknya, kompres daerah kaki yang gatal selama beberapa menit dengan menggunakan air es atau dikompres dingin.

3. Hindari aktifitas sauna atau mandi uap demi kesehatan dan kecantikan kulit kaki anda.

4. Gunakan sepatu yang pas dan tidak terlalu sempit, hal ini agar memudahkan kulit kaki untuk bernafas. Selain itu, hindari pula keringat yang berlebihan dan jika anda sering memakai kaos kaki untuk menjalankan aktifitas sebaiknya gantilah kaos kaki sesering mungkin. Hal ini untuk mencegah timbulnya jamur yang dapat mendatangkan penyakit kulit pada kaki.

5. Jangan mengkonsumsi alkohol atau kafein, karena dapat memperparah gatal – gatal pada kaki.

6. Biasakan untuk melakukan perawatan kaki dengan merendam kaki anda dalam air jus lemon selama sepuluh menit. Seperti kita ketahui, bahwa jus lemon merupakan asam ringan yang dapat membantu untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan juga mencegah kekeringan pada kulit kaki anda.

7. Untuk perawatan kaki kering yang sudah parah sebaiknya dimulai dari sebelum tidur agar lebih maksimal. Nah, gunakan pelembab atau lotion yang mengandung alpha hydroxy acid yang dapat membantu mengatasi kulit kaki bersisik atau kering. Pertama – tama oleskan lotion pada kaki dan telapak kaki secara merata lalu tutup dengan kaos kaki katun yang bersih sebelum tidur. Sehingga lotion akan bekerja lebih optimal dalam perawatan kulit kaki anda, ketika sedang beristirahat.

Nah, mudah kan ladies? Coba ikuti tips di atas ya, agar kaki anda lebih indah terawat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *