Lawan Kanker dengan Makanan Berikut Ini

ctk65

Kanker merupakan penyakit yang dapat berujung pada kematian. Selain mengandalkan obat, operasi pengangkatan, kemoterapi, atau tindakan medis lainnya, tak ada salahnya untuk membantu melawannya dengan asupan makanan. Apa sajakah makanan yang dapat membantu melawan kanker?

1. Sirsak
Buah asam manis yang enak diolah menjadi jus ini ternyata mampu melawan kanker. Untuk pencegahan, sista cukup mengonsumsi buahnya saja. Sedangkan untuk pengobatan bisa dengan cara berikut: 10 buah daun sirsak yang sudah tua dicampur ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga air tinggal 1 gelas saja. Minum dua kali sehari. Setelah minum, pada beberapa orang efeknya badan terasa panas, mirip dengan efek kemoterapi.

2. Teh
Teh mengandung senyawa bernama katekin yang merupakan antioksidan. Kanker dapat dilawan dengan antioksidan ini.

3. Bawang Putih
Menurut American Institute for Cancer Research, bawang putih dapat menurunkan risiko kanker usus besar dengan senyawa yang menghalangi pembentukan tumor dan pertumbuhan sel kanker di usus besar. Bawang putih paling baik dikonsumsi dalam keadaan mentah ya…

4. Anggur
Anggur merah dan ungu mengandung senyawa pelawan penyakit yang sama , resveratrol, yang telah terbukti untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan menghambat pembentukan tumor di perut, hati dan payudara. Lycopene, pigmen yang memberikan warna anggur, juga mempunyai sifat melawan kanker.

5. Tomat
Tomat, seperti anggur, kaya akan lycopene, zat antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas penyebab kanker. Tomat yang sudah diolah menjadi saus atau pasta tomat yang dimasak sangat baik dikonsumsi, ini karena semakin panas lycopane dalam tomat akan semakin terbentuk.
Zat lycopenenya penting untuk mencegah resiko kanker payudara, prostat, pankreas, dan usus besar.

6. Ubi merah
Kandungan beta karoten pada ubi merah tinggi. Betakaroten ini berfungsi menangkal radikal bebas atau polusi yang bersifat karsinogen (pemicu kanker). Ubi merah juga mengandung zat saponin, flavonoid dan polifenol yang aktif berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker. Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin E, betakaroten, serat, karbohidrat kompleks, dan rendah kalori juga bisa menjaga tingkat gula darah. Ubi merah sangat baik bagi manula karena vitamin B di dalamnya bisa menghindarkan dari penyakit kepikunan.

7. Kedelai
Kedelai punya zat aktif pelawan kanker bernama genistein. Dalam artikel yang dipublikasikan di Journal of The National Cancer Institute, disebutkan bahwa genistein diduga zat aktif yang bekerja dengan melemahkan sel kanker sehingga pertumbuhan kanker melambat dan tidak berkembang. Selain itu, zat isoflavon di dalamnya berfungsi melindungi sel dari efek buruk kelebihan hormon estrogen. Kedelai baik untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara dan prostat.

8. Brokoli
Zat aktif yang sangat penting untuk melawan kanker adalah isothiocynate. Zat tersebut mampu membantu menghentikan perkembangan sel kanker, tak hanya itu saja sulforphane yang didalamnya juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Tapi hati-hati ya saat mengolah brokoli, pasalnya jika terlalu matang, 90% zat antikanker tersebut akan rusak, untuk itu masak brokoli sebentar saja atau dimasak setengah matang.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation