Makanan Alternatif Pengganti Kalsium Tubuh

35966-0_663_382

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pada dasarnya, kalsium dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium sangat penting terutama bagi wanita. Sebab, wanita mengalami suatu tahap dalam hidupnya yang menyebabkan berkurangnya kadar kalsium pada tulang, yaitu pada saat kehamilan.

Pada saat hamil, sebagian kalsium dari tubuh ibu berkurang untuk proses pertumbuhan janin di dalam rahim. Oleh karena itu, wanita membutuhkan asupan kalsium lebih banyak sepanjang hidupnya. Sebab, kekurangan kalsium dapat meningkatkan resiko pengeroposan tulang atau yang seringkali dikenal dengan osteoporosis. Sedangkan wanita lebih rentan terhadap osteoporosis ketimbang pria.

Mengkonsumsi susu merupakan salah satu cara yang seringkali dilakukan untuk memenuhi asupan kalsium tubuh. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi susu karena alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu, dan lain sebagainya. Untuk itu, berikut dipaparkan berbagai makanan alternatif pengganti kalsium tubuh yang dapat dikonsumsi.

Brokoli dan Bayam

Dua jenis sayuran hijau ini diakui memiliki kandungan kalsium tinggi. Disamping itu, dua jenis sayurn ini juga mengandung zat gizi lain yang penting bagi kesehatan.

Lobak

Sayuran yang seringkali dicampurkan pada makanan berkuah seperti sup ini, ternyata juga kaya akan kalsium. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mencampurkan lobak sebagai salah satu makanan harian anda.

Kedelai

Salah satu jenis kacang-kacangan ini, dapat diolah dalam berbagai varian makanan. Namun dalam fungsinya sebagai makanan alternatif pengganti kalsium tubuh, kedelai diolah dengan cara diubah menjadi susu kedelai.

Ikan salmon dan ikan sarden

Jenis ikan ini memang dikenal kaya akan omega 3 nya. Namun, ikan sarden dan salmon ternyata juga memiliki kandungan kalsium tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti kalsium tubuh.

Keju dan Yogurt

Apabila anda tidak dapat mengkonsumsi susu secara langsung, mungkin bisa mencoba dua produk olahan asal susu ini. Keju dan Yogurt juga memiliki kandungan kalsium tinggi yang hampir sama baiknya dengan susu.

Jeruk

Salah satu jenis buah ini ternyata juga banyak mengandung kalsium. Untuk itu, ada baiknya memperbanyak konsumsi jeruk untuk mendapatkan manfaatnya sebagai makanan alternatif pengganti kalsium tubuh.

Demikianlah berbagai jenis makanan alternatif pengganti kalsium tubuh yang bisa anda jadikan referensi. Semoga dengan mengkonsumsi berbagai makanan ini, anda yang tadinya tidak dapat mengkonsumsi susu bisa beralih ke makanan alternatif pengganti kalsium tubuh yang pastinya alami dan aman bagi kesehatan jangka panjang, kini dan nanti.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation