Makanan Pedas? Siapa Takut! Inilah Manfaatnya

panduan-cara-budidaya-cabai-cabe-merah-natural-nusantara-distributor-resmi-pupuk-organik-nasa-pocnasa-hormonik-supernasa-pentana-pestona-power-nutrition-bvr-glio-metilat-plus-npk-urea-tsp-kcl

Siapa sih yang tidak suka masakan pedas? Hampir semua orang menyukai makanan pedas yang kaya rempah. Makanan pedas dengan sensasi cabai yang membuat orang semakin menambah nafsu makannya dan menjadikan setiap makanan lezat untuk disantap. Makanan yang dibumbui dengan cabai akan membuat seseorang semakin bergairah untuk makan. Bahkan ketika perut sudah berkomentar, tetap saja melanjutkan memakan sambal. Apalagi jika kita memakan baso, pasti tidak melupakan sensasi pedas dari cabai ini dan tidak enak rasanya kalau tanpa sambal. Namun, ternyata cabai juga menyimpan beberapa manfaat bagi kesehatan lho!
Kenapa cabai berkhasiat untuk kesehatan? Cabai pada dasarnya memiliki berbagai bentuk dan tipe. Seperti cengek yang semakin kecil ukuran maka semakin pedas juga rasanya di lidah. Sedangkan untuk cabai yang berukuran besar seperti paprika rasa pedasnya tidak begitu mengena, namun memiliki aroma yang lebih kuat dan lebih sedap untuk dijadikan sebagai bumbu tambahan pada masakan. Cabai itu memiliki fungsi sebagai antibiotik yang mampu membunuh bakteri dalam tubuh karena mengandung capsaicin. Capsaicin merupakan zat yang memberikan sensasi pedas pada cabai.
Capsaicin selain berperan sebagai antibiotik juga dapat meringankan rasa sakit, dikarenakan zat ini berfungsi sebagai stimulan pada saat melepasnya endorphin sebagai hormon yang menimbulkan rasa senang dan memberikan ketenangan. Cabai juga merupakan Vitamin C yang ampuh membantu proses pencernaan makanan. Karena zat capsaicin ini dapat menstimulasi indra perasa dan meningkatkan produksi saliva ketika dimakan. Ketika air liur mengeluarkan enzim yang melancarkan pencernaan yang kemudian melumatkan makanan sehingga tercampur sempurna dengan saliva, maka akan lebih mudah mengolah makanan untuk sistem cerna berikutnya seperti kerongkongan, usus, dan lambung. Jadi zat yang terdapat pada cabai ini memudahkan peran usus serta lambung dalam memproses atau mencerna makanan.
Nah, zat capsaicin juga bermanfaat untuk mengendalikan mood seseorang. Karena zat capsaicin pada cabai ini akan melepaskan hormon endorphin yang menimbulkan efek rasa senang dan ketenangan. Sehingga tak sedikit orang yang sangat menyukai masakan pedas yang ditimbulkan dari cabai ini.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation