Makanan Perusak Kulit

Apapun makanan yang kita konsumsi selalu membawa dampak bagi kita, baik itu dampak baik maupun dampak buruk. Selain dampak yang terasa pada kesehatan kita, makanan yang kita konsumsi juga dapat berdampak untuk kulit kita lho. Makanan yang kaya akan vitamin C dan E, buah serta sayur dapat membuat kulit kita terlihat sehat dan segar. Sebaliknya ada beberapa makanan yang jika kita konsumsi dalam jumlah banyak dan jangka panjang dapat merusak kesehatan kulit.

Makanan apa saja yang dapat merusak kesehatan kulit? Yuk kita cek jenis-jenis makanan yang dapat merusak kesehatan kulit:

1. Garam laut
Jika anda bangun di pagi hari dan mendapati tiba-tiba mata anda menjadi sembab dan bengkak padahal anda tidak habis menangis, maka kemungkinan anda mengkonsumsi terlalu banyak garam di hari sebelumnya. Pembengkakan pada bagian tubuh disebabkan oleh menumpuknya cairan karena konsumsi garam yang berlebihan. Yang paling jelas terlihat adalah efek pada mata karena kulit di sekitar mata sangat tipis.

2. Susu
Meskipun pada umumnya menyehatkan, beberapa produk susu yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan masalah pada kulit. Jerawat dapat timbul jika anda mengkonsumsi terlalu banyak susu skim. Orang yang mempunyai intoleransi laktosa juga dapat mengalami gangguan kulit ketika mengkonsumsi banyak susu. Selain itu, ada orang-orang yang dapat mengalami kemerahan dan gatal-gatal jika terlalu banyak mengkonsumsi susu.

3. Makanan laut
Kerang, udang, kepiting dan rumput laut merupakan makanan yang mengandung iodin tinggi. Meskipun anda tidak akan tiba-tiba berjerawat setelah mengkonsumsi makanan laut, kelebihan iodin dapat memicu tumbuhnya jerawat karena akumulasi dari iodin yang telah dikonsumsi selama bertahun-tahun. Jika selama ini anda mudah berjerawat, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan laut.

4. Makanan dengan kadar glikemik yang tinggi
Jika anda mempunyai tipe kulit berminyak, sebaiknya hindari makanan seperti roti putih, cake, pasta dan sirup jagung karena dapat memicu jerawat. Sementara itu, penelitian di Australia menemukan bahwa konsumsi makanan dengan kadar glikemik yang rendah dapat membantu mengurangi jerawat. Makanan dengan kadar glikemik tinggi juga dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah.

5. Gula
Kandungan gula dalam makanan dan minuman manis dapat menaikkan kadar gula darah yang dapat jaringan kulit seperti kolagen yang berakibat kulit menjadi keriput. Jadi kurangilah asupan gula dalam makanan anda sehar-hari jika ingin menjaga kesehatan kulit.

6. Alkohol
Sifat diuretik dalam alkohol dapat memacu pengeluaran urin yang lebih sering. Kerutan dan garis halus pada kulit dapat muncul lebih cepat jika anda terlalu banyak mengkonsumsi alkohol karena sifatnya yang juga dapat menyerap kelembaban alami pada kulit.

So ladies, lebih baik perbanyak konsumsi makanan yang menyehatkan kulit dan mulai mengurangi makanan yang dapat merusak kesehatan kulit :-).

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation