Makanan Sehat Pengganti Nasi

Makanan-pengganti-nasi

Masyarakat di Indonesia selama ini mengandalkan nasi sebagai bahan pokok sumber karbohidrat. Padahal, ada banyak pilihan makanan sehat selain nasi yang memiliki karbohidrat. Bahkan ada beberapa jenis makanan yang juga berguna untuk membantu program diet Anda.

Simak jenis makanan berikut ini.

1. Jagung.
Jagung merupakan sumber karbohidrat yang kaya akan antioksidan. Selain itu, jagung juga merupakan sumber vitamin B, serat, dan mineral. Pigmen warna jagung pun memiliki manfaat untuk kesehatan mata dan pelindung paru-paru. Pilihlah jagung organik untuk menghindari kontaminasi pestisida.

2. Kentang.
Sebagian besar orang Amerika mengonsumsi kentang dari nabati lainnya. Biasanya mereka menikmatinya dalam bentuk omelet kentang. Caranya, kentang direbus, lalu setelah melunak, baru ditumbuk. Kemudian bisa ditambahkan susu rendah lemak dan keju.

3. Gandum.
Ini jenis karbohidrat yang sangat baik bagi tubuh. Gandum bila dikonsumsi secara teratur setiap hari bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah yang mengendap di dalam tubuh setelah kita mengkonsumsi makanan goreng-gorengan. Akan tetapi gandum memang jenis makanan yang tergolong masih mahal di Indonesia. Walaupun kita sedikit mengkonsumsinya, akan lebih cepat memberikan rasa kenyang di perut.

4. Sayuran Segar
Sayuran segar merupakan sumber karbohidrat yang baik. Selain itu, sayuran banyak mengandung vitamin yang menyehatkan tubuh. Sayuran bebas lemak dan rendah glukosa, jadi sebenarnya lebih bersahabat daripada nasi.

5. Buah Segar.
Buah-buahan segar cenderung lebih tinggi kandungan glikemik (gula di dalamnya yang mudah dicerna). Asupan makanan ini menjadi sumber karbohidrat yang baik karena juga mengandung begitu banyak nutrisi lainnya, seperti antioksidan, vitamin, dan serat.

6. Umbi-Umbian.
Jenis makanan yang satu ini juga dapat menjadi pengganti nasi. Ubi, singkong dan sejenisnya memiliki kandungan karbohidrat dan rasanya juga nikmat.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation