Makin Cantik Berkat Gigi Putih Alami

wanita-gigi-putih

Setiap orang mendambakan memiliki gigi putih cemerlang. Karena memiliki gigi putih itu mencerminkan seseorang yang bersih dan menjaga kesehatan giginya. Selain itu, gigi putih dapat menunjang kepercayadirian seseorang.

Sedangkan orang yang memiliki gigi kuning akan sangat terganggu dan ada kalanya mengalami krisis percaya diri alias minder.

Memang bleaching – istilah pemutihan gigi – ini bisa lewat dentist, namun butuh biaya jauh lebih besar dibandingkan dengan memutihkan gigi secara alami.

Jika kita memilih untuk memutihkan gigi secara alami, kita harus telaten dan meluangkan waktu untuk membeli bahan-bahan alami yang bermanfaat sebagai bleaching.

Berikut ini bahan-bahan alami yang berguna untuk memutihkan gigi:

1. Stroberi.

Kandungan asalmalat dalam stoberi berkhasiat untuk memutihkan gigi. Namun jangan menggunakannya terlalu sering ya, sebab kandungan asamnya justru dapat merusak gigi.

Caranya: Hancurkan stroberi yang matang, lalu oleskan pada gigi, biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian gosok menggunakan pasta gigi.

2. Daun salam

Daun salam juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Caranya: siapkan 6 lembar daun salam lalu jemur di terik matahari. Setelah mengering, remas hingga menjadi bubuk. Lalu tambahkan kulit jeruk bubuk. Racikan campuran daun salam dengan kulit jeruk tersebut, setelah itu gosokan ke gigi.

3. Kulit Lemon

Kulit lemon juga dapat di gunakan untuk memutihkan gigi.

Caranya: Kupaslah buah lemon, pisahkan buah dan kulitnya. Kemudian gosokanlah kulit lemon pada gigi secara merata. Diamkanlah beberapa saat, baru kemudian sikat bersama odol.

4. Buah dan Sayuran renyah

Buah yang mempunyai tekstur renyah seperti apel, wortel dan buah pir ternyata dapat digunakan untuk cara memutihkan gigi. Kok bisa? Ya. Sebab buah tersebut berfungsi seperti sikat gigi alami dan pemutih alami. Buah dan sayuran renyah mempunyai kandungan yang dapat mengangkat noda dan membersihkan¬† tanpa merusak enamel gigi secara alami. Jadi, alangkah baiknya, makan buah setiap habis makan ya…

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga gigi putih:

  1. Hindarilah makanan yang berwarna.
    Sangat penting menghindari makanan yang akan menodai gigi dalam jumlah yang besar, seperti: kopi, teh.
  2. Sikat gigi sesudah makan.
    Salah satu cara mencegah tumpukan noda pada gigi adalah membiasakan diri untuk menyikat gigi sesudah makan. Noda seringkali tercipta akibat bekas makanan masih tersisa di permukaan gigi yang kemudian diserap lapisan email gigi.
  3. Menggunakan baking soda pada sikat gigi.
    Baking soda membantu memudarkan noda di permukaan gigi yang kasar. Sifat kimianya bereaksi dengan noda, sehingga mengangkat kotoran dari dalam dentin gigi Anda.
  4. Berhenti merokok.
    Kebiasaan merokok itu merugikan sekali. Selain dapat merusak kesehatan, membuang-buang uang untuk membeli rokok, tapi juga menjadi penyebab gigi kuning dan tidak enak dipandang mata. Tar dan campuran tembakau pada rokok menjadi salah satu sumber noda yang paling sulit dihilangkan pada gigi. Segera sadar dan berhentilah merokok.
  5. Konsumsilah makanan yang berserat.
    Noda pada gigi sering tertanam pada lapisan plak atau tarter. Mengonsumsi makanan berserat akan membantu membuang noda pada lapisan kotoran gigi. Contohnya: apel, brokoli, seledri, kembang kol, pir.
  6. Minum memakai sedotan.
    Ini adalah salah satu cara mengurangi noda akibat cairan pada minuman. Jika minuman dikonsumsi melalui sedotan, maka sebagian besar cairan minuman akan langsung ke lidah dan masuk kerongkongan. Sedangkan jika minum langsung dari gelas, maka cairan akan menyebar ke permukaan gigi. Nah, ini berpotensi memberi efek noda pada gigi.
  7. Cobalah sikat gigi listrik.
    Sikat gigi listrik ini bergerak kuat, cepat bolak-balik dan dengan gerakan melingkar. Ini efektif untuk membantu menggosok dan menghilangkan noda pada gigi tanpa merusak email gigi Anda.

Ingin gigi putih? Seberapa peduli Anda terhadap kondisi gigi Anda?

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation