Mandi Dengan Aneka Ramuan, Cara Lain Mempercantik Kulit

Mandi Dengan Aneka Ramuan, Cara Lain Mempercantik Kulit

Mandi merupakan suatu ritual sehari-hari yang berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kulit dan menyegarkan badan. Selama ini kita biasa mandi hanya dengan memakai sabun kemudian membilasnya dengan air dingin atau hangat. Jika merasa bosan dengan cara mandi biasa, cobalah cara mandi yang tidak sekedar untuk membersihkan kotoran tubuh saja, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan kulit seperti ulasan di bawah ini.

Mandi Rempah
Mandi rempah berkhasiat untuk merilekskan badan, menghilangkan rasa letih dan gatal-gatal, menghilangkan bau badan. Komposisi dari bahan yang digunakan sebagai bahan mandi rempah terdiri dari aneka bahan jamu dan rempah-rempah. Di pasar-pasar tradisional banyak sekali ramuan mandi rempah yang sudah diracik dan kita tinggal merebusnya. Namun kita juga bisa membuat ramuan sendiri dan menakar bahannya sesuai dengan keinginan sendiri. Bahan-bahan yang biasa digunakan antara lain:

1. Aneka rimpang yang terdiri dari jahe, temugiring, kunyit, kencur, temulawak, serai, daun jeruk purut dan salam secukupnya. Kupas, cuci dan iris-iris kecil-kecil
2. Kayu manis, serutan kayu secang, kapulaga, jintan, adas, dlingo, sedikit garam, daun sirih, cengkih, jeruk nipis diiris-iris.
3. Segenggam bunga mawar segar, cuci bersih.
Campurkan bahan 1 dan 2 dengan 3 liter air, rebus hingga mendidih. Sebelum air disaring, tambahkan bunga mawar ke dalam air rebusan, saring dengan kain halus, dan gunakan untuk mandi setelah ditambahkan dengan air dingin hingga hangatnya pas.

Mandi Susu
Mandi susu berkhasiat untuk menghaluskan, melembutkan kulit dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Selain itu mandi susu sangat bagus untuk kulit kering karena melembabkan kulit.
Caranya : Tambahkan dua atau tiga susu cair atau susu bubuk ke dalam bak mandi yang sudah diisi dengan air hangat. Berendamlah selama kurang lebih lima belas menit kemudian gosok tubuh dengan spons lembut

Mandi Bunga
Mandi bunga bukan sekedar mitos atau ritual yang berkaitan dengan hal-hal mistik. Mandi bunga bermanfaat untuk mengharumkan dan merilekskan tubuh yang lelah. Taburkan bunga melati, mawar dan anggrek ke dalam air mandi anda. Tambahkan juga beberapa tetes esensial oil dan rasakan sensasi menyegarkan dan menenangkan dari aroma bunga-bunga tersebut.

Mandi Garam
Taburan garam dapat digunakan untuk campuran air mandi yang dipakai berendam. Mandi garam berfungsi untuk menenangkan tubuh dan otot, mengatasi pegal-pegal pada kaki dan tangan yang lelah. Garam mandi biasanya sudah dikemas khusus dengan tambahan aroma. Taburkan garam mandi ke dalam bak air hangat dan pakailah untuk berendam selama 15 menit. Dianjurkan untuk segera memakai body lotion setelah selesai mandi garam agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Mandi Coklat
Tidak terbayang bagaimana makanan yang enak ini akan membaluri seluruh tubuh? Selain bisa dikonsumsi, coklat juga dapat menghaluskan kulit dan melembabkan kulit. Anda dapat membuat ramuan untuk mandi berendam coklat di rumah.

Caranya campurkan 1 ons dark chocolate yang dilelehkan, 40 ml susu kedelai dan bubble bath ke dalam air mandi yang digunakan untuk berendam. Rasakan kelembutan coklat untuk melembabkan kulit anda.

2 Comments

  1. wah kalo itu 100 persen saya setuju total kak…
    kan selain kulit makin segar dan cerah, pasti pikiran dan hati ikut relax dan kecantikan itu terpancar dari dalam juga 🙂
    betul gak. hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *