Manfaat Bangun Pagi, Meningkatkan Kesuksesan dan Kesehatan

ctk104

Jika sista merupakan orang yang sulit bangun pagi, maka mulai sekarang ubahlah kebiasaan buruk tersebut. Bangun pagi memiliki banyak sekali manfaat lho. Selain meningkatkan kesehatan, ternyata juga bikin sukses dalam banyak hal. Mungkin ini sebabnya orang-orang dahulu bilang bahwa bangun siang hari akan membuat rejeki kita dipatok ayam! So, simak deh apa saja manfaat dari bangun pagi.

1. Sarana pengembangan diri
Pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk mengembangkan diri, baik itu diisi dengan belajar atau membaca karena suasana pagi hari masih tenang belum terkena polusi udara maupun polusi suara. Pakar keuangan James Citrin pernah melaporkan bahwa 80 persen pejabat perusahaan yang diwawancaranya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi.

2. Berolahraga
Tidur lebih awal membuat kita mampu bangun pagi dengan bugar. Waktu yang masih ada bisa digunakan untuk berolahraga, seperti jogging di sekitar rumah atau melakukan treadmill. Pagi adalah waktu terbaik untuk olahraga karena tubuh lebih segar dan otot-otot telah diberikan waktu untuk beristirahat selama tidur. Pagi juga merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan adrenalin yang keluar saat olahraga sehingga akan merasa energik sepanjang hari.

3. Membereskan hal-hal kecil
Pagi hari juga bisa dimanfaatkan untuk membereskan hal-hal kecil sebelum menyelesaikan tugas yang lebih besar di hari itu. Misalnya, membalas e-mail yang belum sempat dibuka sebelum inbox kembali penuh dengan e-mail lainnya.

4. Meningkatkan produktivitas
Bangun pagi akan membuat kita mengawali hari lebih awal, akan membuat hari terasa lebih panjang. Dengan demikian, kita bisa melakukan lebih banyak hal dalam satu hari tersebut. Jika pekerjaan kita menumpuk untuk esok hari, tidurlah lebih awal dan bangun lebih pagi, maka Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

5. Sarapan
Kebanyakan pekerja kerap melewatkan sarapan bukan karena terlalu ‘sibuk’ untuk sarapan, tapi karena tidak bangun cukup pagi. Kita perlu bangun lebih pagi agar punya waktu lebih untuk sarapan dan menyiapkan kebutuhan sehat di pagi hari. Kita semua tentu tahu kan jika sarapan adalah makan yang paling penting sepanjang hari.

6. Menurunkan tingkat stress
Hormon stres bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dan juga melemahkan sistem saraf. Jika bangun lebih pagi, kita akan dapat mengelola waktu sedemikian rupa sehingga dapat meminimalkan stres.

Orang yang bangun pagi cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari. Bangun pagi akan membuat kita selalu berada dalam suasana hati yang baik. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Ada sebuah ungkapan yang menyatakan “Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy, and wise”. Seperti ungkapan tersebut, ketika tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, bisa membuat waktu istirahat kita cukup dan paginya akan bangun dalam kondisi yang segar-bugar. Dengan begitu, kita bisa lebih meningkatkan produktivitas sepanjang hari dan tentunya, kesuksesan akan lebih mudah diraih. Selamat mencoba!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation