Rahasia Bawang Bombay

Rahasia Bawang Bombay

Bawang terkenal memiliki aroma yang agak menyengat, dan bisa membuat mata Anda berair. Karena aromanya tersebut, segelintir orang tidak menyukai bumbu masak yang satu ini. Tapi tentu Anda tahu, kan, kalau bawang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh?

Nah, kali ini yang dibahas adalah Bawang Bombay. Ya, salah satu jenis bawang dengan ukuran yang besar dan kulit ari yang lebih tipis dibandingkan dengan bawang merah. Disebut bawang bombay karena bawang bombay pertama kali dibawa oleh pedagang-pedagang dari kota Bombay (sekarang disebut Mumbai), India, ke Indonesia.

Bawang bombay ternyata memiliki banyak zat yang berguna untuk kesehatan. Beberapa kandungannya adalah asam amino, kalsium, sulfur, sodium, vitamin C dan vitamin D. Karena kandungannya itu, bawang bombay sangat bermanfaat utnuk menekan kadar kolesterol dalam darah. Bawang bombay akan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh hingga 30%, juga mampu memperbaiki penyempitan pembuluh darah, hipertensi, dan lain sebagainya. Namun untuk mendapatkan hasilnya, bawang bombay harus dimakan mentah, Sista. Hal ini memang akan membuat mulut dan ketiak menjadi bau. Tapi demi mendapatkan khasiatnya, Anda bisa tidak menghiraukannya, kan? 😀

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi bawang bombay:

Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes terjadi karena tidak tercukupinya insulin yang disekresikan pankreas, atau karena menurunnya kerja insulin. Jika seseorang terkena diabetes karena kinerja insulinnya tidak baik, maka gula darahnya yang tinggi akan sulit untuk diturunkan.

Segelas jus bawang bombay mentah terbukti akan menurunkan kadar gula dalam darah. Mengonsumsi jus bawang bombay mentah ini dipercaya oleh banyak dokter sebagai cara yang lebih baik dalam mengendalikan gula darah dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan.

Detoksifikasi Tubuh

Bawang bombay kaya akan sulfur, sehingga mampu melaksanakan tugas detoksifikasi tubuh. Dalam sulfur tersebut ada asam amino bernama amethionine dan cystine. Kedua asam amino tersebut akan menyingkirkan racun seperti merkuri dari dalam tubuh. Bawang bombay juga mengandung vitamin C yang akan membantu proses detoksifikasi sistem tubuh Anda.

Mengobati Asma

Asma terjadi karena kejang yang dialami oleh otot cabang tenggorokan. Pengobatan tradisional Cina menggunakan bawang bombay mentah untuk meredakan gejala itu. Bawang bombay akan mencegah formasi senyawa kimia yang menyebabkan otot cabang tenggorokan kejang.

Menurunkan Kolesterol

Bawang bombay akan membantu penipisan darah dan menghindari pembekuan darah. Ini akan mengurangi kadar kolesterol jahat yang berasal dari lemak tak jenuh. Bawang bombay juga memiliki fungsi yang nyata untuk menurunkan tekanan darah, sehingga sangat baik untuk jantung.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang jika terkena, akan sulit untuk bisa sembuh. Mencegah kanker dapat dilakukan dengan mengonsumsi berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, dan E, juga zat-zat sepeti sulfur dan flabonoid. Bawang bombay memiliki zat-zat tersebut, sehingga bawang bombay sangat baik dikonsumsi untuk mencegah datangnya kanker. Dlam hal ini, semakin kuat bau bawang bombay, maka semakin baik khasiatnya dalam melawan kanker. Sebab itu menandakan banyaknya asam fenol yang terkandung dalam bawang bombay.

Nah, untuk menjaga kesehatan Anda, jangan ragu untuk memakan bawang bombay ya, Ladies. Manfaatnya sungguh banyak jika Anda mau mengabaikan baunya dan menjadikannya salah satu menu makanan Anda. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *