Manfaat Bertelanjang Kaki Bagi Jiwa dan Raga

CTK49-keuntungan bertelanjang kaki

Alas kaki merupakan pelindung yang penting bagi kaki. Bukan hanya melindungi dari gangguan fisik seperti pecahan kaca, batu, paku atau, duri, tapi juga dari terpaan cuaca seperti rasa dingin dan sinar matahari. Namun sesekali melepaskan alas kaki saat keluar rumah tentu tidak masalah. Misalnya saat sista berjalan di pasir pantai, pegunungan, rerumputan, aliran air terjun, atau bebatuan kecil. Hal ini ternyata berdampak positif bagi kesehatan jiwa dan raga lho… Apa sajakah itu? Berikut manfaat bertelanjang kaki bagi tubuh dan pikiran.

1. Mengatasi Depresi atau Stress
Cobalah untuk berjalan di atas rerumputan atau bebatuan pada pagi hari yang sejuk. Hal ini akan membuat pikiran sista lebih segar dan tingkat stress, cemas, dan bahkan depresi menurun. Hiruplah dalam-dalam udara pagi yang segar agar semakin membuat sista merasa nyaman.

2. Menjaga Fokus dan Konsentrasi
Pernahkah sista mencoba berjalan di atas batu-batu kecil tanpa alas kaki? Pasti sista akan berjalan dengan hati-hati bukan? Karena memang sulit untuk tidak memperhatikan setiap langkah ketika berjalan tanpa alas kaki. Sista harus waspada dalam memijakkan kaki, karena pasti tidak ingin menginjak benda tajam seperti batu runcing atau duri. Hal ini ternyata mampu membantu meningkatkan kesadaran sista agar menjaga fokus dan konsentrasi.

3. Menjaga Postur Tubuh
Berjalan tanpa alas kaki mampu meregangkan otot, tendon dan ligamen pada pergelangan kaki dan betis sehingga menjadikannya lebih kuat. Keuntungannya, sista pun terhindar dari cedera lutut. Jika sista memiliki postur tubuh sedikit bungkuk, harus banyak berjalan dengan bertelanjang kaki di bebatuan karena dapat membantu menjaga postur tubuh menjadi tegak dan memperkuat titik keseimbangan. Manfaatnya cedera punggung pun terkurangi.

4. Merangsang Titik-titik Refleksologi
Di kaki terdapat titik refleks yang terhubung pada setiap bagian tubuh. Setiap batu atau kerikil kecil di jalan yang tak sengaja sista injak dapat menekan titik-titik refleks kecil tersebut dan merangsangnya. Awal-awal memang terasa sakit, terutama di daerah tertentu, tapi itu nggak masalah, karena berarti sista memang butuh rangsangan yang lebih sering di titik-titik tersebut.

5. Tidur menjadi nyenyak
Sista sulit tidur alias insomnia? Cobalah berjalan telanjang kaki di rumput atau bebatuan. Rasa rileks yang ditimbulkannya ternyata mampu membuat sista tidur dengan nyenyak.

6. Membuang Racun
Bumi memiliki muatan ion negatif. Berdasarkan penelitian, ion negatif telah terbukti membantu meningkatkan suasana hati, menghilangkan depresi, membantu proses detoksifikasi, menenangkan, mengurangi peradangan, menyeimbangkan jam internal, siklus hormonal, serta ritme fisiologis. Berjalan tanpa alas kaki dan langsung menginjak bumi dapat menghantarkan ion-ion negatif tersebut masuk ke dalam tubuh.

7. Mensyukuri Hidup
Bertelanjang kaki saat ke pantai, padang rumput, pegunungan, atau air terjun bukan hanya akan membuat sista merasakan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas. Sentuhan langsung kulit tubuh sista ke alam akan membuat sista menyadari betapa indahnya alam dan hidup ini. So, sista pun akan menjadi lebih bahagia, mensyukuri hidup, dan optimis.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation