Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

ctk172

Dahulu kala buah yang satu ini khusus dikonsumsi oleh para penghuni kerajaan. Tapi kini, buah mungil yang memiliki rasa asam-manis atau manis saja ini telah tersedia di mana-mana dan boleh dikonsumsi siapa saja. Bukan hanya rasanya yang menyegarkan, tapi buah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat tersebut?

Membantu mencegah penuaan dini
Anggur mengandung antioksidan yang tinggi untuk mencegah penuaan dan keriput pada kulit, serta mengandung vitamin C yang manfaatnya bagus untuk kulit. Vitamin C bermanfaat bagi kulit lewat dua cara utama yakni bertindak sebagai antioksidan, yang memulihkan kerusakan kulit akibat radikal bebas, dan membantu pembentukan kolagen. Sebagai antioksidan, vitamin C membentuk dan memperbaiki jaringan yang dirusak oksidan, zat beracun penyerang sel organ tubuh kita.

Kulit buah anggur memiliki kandungan senyawa resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin. Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker.

Membantu mencerahkan kulit wajah dan memudarkan flek hitam
Kandungan vitamin C dan senyawa polifenol dalam anggur akan membantu mencerahkan kulit wajah. Vitamin C sudah dikenal sebagai pencerah wajah. Polifenol sendiri merupakan antioksidan yang akan memudarkan flek hitam. Flek hitam terjadi akibat radikal bebas dan polifenol sebagai antioksidan akan membantu menghambat kerusakan tersebut.

Membantu melindungi kulit dari sinar UV
Penelitian yang dilakukan di University of Barcelona and the CSIC (Spanish National Research Council) mengamati bahwa zat polifenol tertentu yang diekstrak dari buah anggur dapat menghambat pembentukan sel epidermis ROS yang telah terpapar gelombang panjang (UVA) dan gelombang menegah (UVB). Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa senyawa polifenol yang terdapat dalam anggur dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari.

Membantu menjaga kesehatan jantung
Antioksidan yang terkandung dalam anggur juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Connecticut, ditunjukkan bahwa konsumsi anggur mengakibatkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah dan senyawa yang mengakibakan peradangan. Selain itu anggur juga membantu memperlancar aliran darah sehingga akan menghindarkan Anda dari serangan jantung.

Membantu melancarkan pencernaan
Buah anggur mengandung asam organik, gula, dan selulosa yang dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, susah buang air besar (BAB).

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  1. Bagai mna cara agar kulit mnjadi putih brsinar,& kulit pun mnjadi hlus.

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation