Manfaat dan Keamanan Daun Sirih Bagi Wanita

Manfaat dan Keamanan Daun Sirih Bagi Wanita

Piper bettle, itulah nama latin dari sirih, yang daunnya telah banyak dimanfaatkan sejak dahulu kala. Tanaman merambat ini juga banyak ditemui di pekarangan rumah. Sirih memiliki dua jenis yang populer yakni sirih hijau dan sirih merah. Keduanya memiliki kandungan senyawa dan efek yang tidak jauh berbeda sehingga bisa menggunakan salah satu jenis saja.

Umumnya daun sirih sering digunakan untuk meredakan mimisan. Tapi bukan hanya itu, daun sirih juga banyak digunakan untuk berbagai ritual kecantikan wanita. Apa saja manfaat daun sirih bagi wanita? Lalu bagaimana tingkat kemananannya? Simak berikut ini.

Membantu menyembuhkan jerawat dan luka
Daun sirih memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Gangguan kulit yang satu ini penyebab utamanya adalah bakteri yang memakan tumpukan sel-sel kulit mati. Senyawa antibakteri akan membunuh bakteri tersebut sehingga mencegah pembentukan jerawat. Selain itu, kulit yang mengalami luka juga dapat dibasuh dengan air rebusan daun sirih. Dengan cara ini, kulit akan terhindar dari infeksi sehingga akan meminimalisir keparahannya. Kulit dengan luka minimal tentu akan lebih mudah untuk menghilangkan bekasnya.

Membantu menghilangkan bau badan
Bau badan disebabkan oleh senyawa yang dikeluarkan bakteri pemakan sel kulit mati Anda. Rutin mengangkat sel kulit mati tersebut adalah kunci utama untuk mengtasi bau badan. Tapi membasuh tubuh dengan air rebusan daun sirih yang memiliki aktivitas antibakteri akan membantu membunuh bakteri tersebut sehingga aroma tubuh yang kurang sedap pun akan terminimalisir. Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih dengan jalan menyiramkannya pada tubuh atau menggunakannya sebagai air rendaman pada bathtub.

Membantu mengatasi bau mulut, sakit gigi, dan sariawan
Bau mulut, sakit gigi, dan sariawan dipicu juga oleh bakteri. Oleh karenanya, air rebusan daun sirih dapat juga digunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Cukup dengan merebus daun sirih yang ditambahkan garam dalam panci tertutup lalu gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur. Sering-seringlah berkumur dengan air rebusan daun sirih tersebut terutama menjelang tidur malam. Tapi pastikan juga untuk menjaga kebersihan mulut dengan jalan sikat gigi minimal dua kali sehari (terutama sebelum tidur).

Membantu mengatasi keputihan
Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk membasuh organ intim wanita untuk membantu mengatasi keputihan. Bisa juga dengan meminum jamu daun sirih. Tapi bagi Anda yang belum memiliki keturunan atau berencana memiliki momongan, sebaiknya tidak mengatasi keputihan dengan meminum air rebusan daun sirih atau jenis jamu daun sirih lainnya. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki senyawa yang dapat mengeringkan atau bahkan mengiritasi membran mukosa. Membran mukosa terutama pada bagian rahim sangat penting untuk kehamilan, oleh karenanya hindari konsumsi daun sirih agar tidak mengalami iritasi dan kering.

2 Comments

  1. Sorry, Pengen share aja, kemaren waktu saya lihat dokter oz indonesia. Minum rebusan daun sirih itu tidak menyebabkan rahim kering. Itu hanya mitos, penjelasannya saya lupa. Yg pasti itu mitos, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *