Manfaat Dari Menangis

Manfaat Dari Menangis

Menangis biasanya lebih banyak dilakukan oleh para wanita. Kebanyakan wanita menangis ketika sedang sedih, gundah, marah, frustrasi atau kesepian. Meskipun menangis bisa membuat mata kita menjadi bengkak dan merah, ternyata menangis juga mempunyai manfaat untuk kesehatan lho.

Yuk kita cek apa saja manfaat dari menangis seperti yang dikemukakan dari Beliefnet:
1. Membantu penglihatan
Air mata diperlukan mata untuk mencegah dehidrasi pada mata. Dengan menangis atau mengeluarkan air mata maka cairan tersebut dapat membasahi membran mata sehingga penglihatan tidak menjadi kabur. Dengan kata lain, menangis membantu penglihatan kita karena mengatasi kekeringan pada mata.

2. Membunuh bakteri
Air mata juga dapat bermanfaat sebagai antibakteri alami lho. Tidak perlu tetes mata karena air mata dapat membunuh bakteri. Di dalam cairan air mata terdapat cairan yang disebut dengan lisozom. Lisozom berfungsi untuk membunuh sekitar 90-95% bakteri bakteri yang ada di sekitar kita seperti keyboard komputer dan pegangan tangga. Waktu yang dibutuhkan lisozom untuk membunuh bakteri tersebut hanya sekitar 5 menit. Fantastis bukan?

3. Meningkatkan mood
Menangis membuat depresi seseorang akan turun dan moodnya meningkat. Menangis karena emosi menghasilkan 24 persen protein albumin. Protein albumin dari menangis dapat meregulasi sistem metabolisme tubuh lebih tinggi daripada protein albumin yang dihasilkan air mata dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun
Racun dari dalam tubuh juga dapat dikeluarkan melalui air mata lho. Wiliam Krey, seorang ahli biokimia yang melakukan beberapa studi tentang air mata menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis secara emosional ternyata mengandung racun. Air mata yang mengandung racun tersebut sebagai hasil dari keluarnya racun dari dalam tubuh melalui air mata.

5. Mengurangi stres
Menangis dapat mengurangi stres lho. Air mata ternyata dapat mengeluarkan endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin yang merupakan hormon stres dari tubuh. Penyakit akibat stres seperti tekanan darah tinggi juga dapat diturunkan levelnya dengan menangis. Penelitian menunjukkan bahwa 88,8 % orang merasa lebih baik setelah menangis dan hanya 8,4 % yang merasa lebih buruk.

6. Melegakan perasaan
Ketika kita sedang sedih kemudian menangis, pasti perasaan kita menjadi lebih lega dan tenang. Hal itu terjadi karena sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar kembali setelah menangis sehingga melegakan perasaan.

Selain keenam manfaat di atas, menangis dapat membantu seseorang untuk berkomunikasi dan membangun hubungan interpersonal. Ketika seseorang menangis dan menceritakan masalahnya, maka orang lain bisa berempati. Hal tersebut mampu meningkatkan kualitas komunikasi antar sesama. Selain hal tersebut, menangis dianggap sebagai respon yang lebih baik dalam menghadapi situasi tidak menyenangkan dibandingkan dengan meresponnya dengan marah.

Nah menangis tidak selalu tampak buruk bukan? Menangis tetap mempunyai manfaat untuk kesehatan fisik dan psikis. Hanya saja, hidup dengan rasa optimis dan kegembiraan itu jauh lebih menyenangkan :-).

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *