Manfaat di Balik Rasa Daun Pepaya yang Pahit

Manfaat di Balik Rasa Daun Pepaya yang Pahit

Tumbuhan pepaya tidak hanya bisa dimanfaatkan daging buahnya saja. Sebab daun pepaya yang terkenal rasa pahitnya itu sudah cukup familiar digunakan masyarakat sebagai campuran makanan seperti pecel, lalapan pendamping sambal dan makanan-makanan tradisional lainnya.

Tahukah Anda bahwa di balik rasa pahit itu, terdapat berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan:

1. Obat jerawat.

Daun pepaya dapat mengatasi jerawat pada kulit. Caranya:

  • Ambil 2-3 lembar daun pepaya tua.
  • Jemur beberapa menit, kemudian tumbuk sampai halus.
  • Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air.
  • Lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat seperti memakai masker.
  • Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

2. Menambah nafsu makan.

Daun pepaya juga berkhasiat untuk menambah nafsu makan ini. Caranya, Anda siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Kemudian semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender. Setelah itu disaring untuk diambil airnya kemudian bisa Anda minum.

3. Antikanker.

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker.

4.  Obat nyeri haid.

Bagi Anda para wanita yang mengalami keluhan nyeri saat datang bulan, Anda patut mencoba ramuan tradisional dari daun pepaya ini. Caranya, ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak. Dinginkan beberapa saat sebelum diminum.

5. Memperlancar pencernaan.

Memakan daun pepaya yang sudah direbus baik dimakan dengan atau tanpa makanan pendamping lainnya dapat membantu memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan didalam daun pepaya terdapat zat karpain, yaitu sejenis kandungan kimia yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya makan rutin daun pepaya rebus setiap hari selama beberapa hari.

6. Pengontrol tekanan darah.

Untuk membuat ramuan daun pepaya sebagai pengontrol tekanan darah, Anda perlu menyiapkan lima lembar daun pepaya, lalu rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkanbeberapa saat sebelum diminum. Jika perlu, Anda boleh menambahkan gula merah atau madu agar terasa tidak terlalu pahit.

7. Obat demam berdarah.

Daun pepaya memiliki kandungan yang bisa mengobati atau menetralkan gejala demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk, seperti penyakit demam berdarah. Bagi penderita DBD sangat disarankan untuk mengonsumsi daun pepaya.

Caranya:  campur lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *