Manfaat Jambu Biji

khasiat jambu biji

Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini? Ya, jambu biji atau Psidium guajava L adalah salah satu jenis tanaman perdu yang berasal dari Brazil dan kemudian menyebar ke Thailand hingga ke Indonesia. Kulit dan bagian luar dagingnya yang lunak mengandung vitamin C dua kali lipat lebih banyak daripada jeruk manis. Selain mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk manis, jambu biji juga mengandung kalsium, potaisum, zat besi, folic acid, vitamin A dan vitamin B. Bagian kulit jambu biji mengandung asam askorbat sementara zat tani dalam jambu biji berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dan sirkulasi darah serta membantu menyerang virus.

Buah yang satu ini termasuk salah satu buah favorit yang sering dikonsumsi sehari-hari. Selain segar untuk dimakan langsung atau dibuat jus jambu, jambu biji juga mempunyai banyak manfaat lho. Berikut ini beberapa manfaat dari jambu biji:

1. Menurunkan berat badan
Punya masalah dengan berat badan? Konsumsilah jambu biji. Kandungan nutrisi dan serat di dalam jambu biji membantu melancarkan pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Membantu atasi jerawat
Jambu biji juga dapat membantu mengatasi jerawat lho jika dikonsumsi. Kandungan anti aging dan astringent di dalamnya dapat membantu membersihkan kulit wajah yang berjerawat dan membuat kulit terlihat segar.

3. Sembuhkan flu
Karena kaya akan vitamin C, jambu biji juga dapat membantu menyembuhkan flu. Jambu biji juga dapat digunakan untuk mengencerkan dahak.

4. Cegah sembelit
KOnsumsi jambu biji secara rutin agar pencernaan menjadi lancar dan tidak mengalami sembelit.

5. Antioksidan tinggi
Tingginya antioksidan dalam jambu biji tentu bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan lycopene dalam jambu biji juga membantu mencegah kanker.

6. Penguat jantung dan antikanker
Campurkan 200 ml jus jambu biji, 400 ml jus apel, 200 ml jus melon dan 100 cc madu murni, simpan di dalam lemari es dan minum secara teratur pagi dan sore

7. Obati demam berdarah
Jus jambu biji merah dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan demam berdarah. Minum jus jambu biji tiga kali sehari hingga demam berdarah sembuh.

8. Masker wajah
jambu biji juga dapat digunakan sebagai masker wajah lho. Caranya, cuci satu buah jambu biji merah yang sudah matang, ambil bagian dagingnya dan tumbuk hingga halus. Balurkan daging buah jambu biji tersebut ke seluruh bagian wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih setengah jam kemudian basuh wajah dengan air hangat. Setelah itu basuh wajah dengan air es untuk menutup pori-pori wajah.

Nah, cukup banyak bukan manfaat dari jambu biji merah? Tidak ada salahnya anda mulai berpikir untuk menanam pohon buah ini di halaman rumah anda. Selain perawatannya yang mudah, jambu biji juga relatif rajin berbuah sehingga anda bisa mengkonsumsinya setiap hari 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation