Manfaat Kacang Hijau

minuman-segar-dingin-es-kacang-hijau

Biasanya kacang hijau disajikan dalam bentuk minuman atau bubur. Dua-duanya enak sama-sama enak dinikmati. Terkadang masyarakat mencampurinya dengan es batu agar lebih segar, tapi ada juga yang lebih menyukai dalam kondisi hangat atau agak panas.

Kacang hijau ini sangat baik untuk kesehatan. Sayangnya belum banyak yang tahu segudang manfaat kacang hijau. Berikut ini manfaat kacang hijau:

1. Nutrisi Penting
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan  kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan ataupun untuk anda yang sedang menjalani program diet.

2. Kalsium  dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

3. Lemak Rendah
Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Vitamin B1 (tiamin)

  • Untuk pertumbuhan.
    Pada awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-ber dan bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Jadi, dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhanpun dapat teratasi.
  • Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
    Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat, itu mengindikasikan bahwa sulitnya proses pencernaan makanan, sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.
  • Sumber energi.
    Kandungan Vitamin B1 dalam kacang hijau merupakan bagian dari koenzim yang berperan dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi.
  • Memaksimalkan kerja syaraf.
    Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Gejala-gejalanya mirip dengan tanda-tanda orang stress.
5. Vitamin B2 (riboflavin)
  • Membantu penyerapan protein di dalam tubuh.
    Vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Sebab vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein yang dapat membuat proses penyerapannya menjadi lebih efisien.
Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation