Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

susu_kedelai

Kacang kecil yang satu ini sudah bukan makanan yang asing lagi di Indonesia. Mulai dari kedelai rebus, sari kedelai, hingga olahan-olahan kedelai berupa tahu, tempe, kecap, bahkan makanan ringan. Ternyata selain rasanya yang enak, kedelai punya banyak sekali manfaat lho… Apa sajakah itu?

1. Sumber gizi
Kedelai mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Keelai juga mengandung vitamin B1, B2, B6, dan pro vitamin A. Mineral yang ada di dalamnya adalah Kalsium, Magnesium, Selenium, dan Fosfor.

2. Menurunkan berat badan
Sari kedelai memiliki kandungan gula yang lebih rendah daripada susu sapi. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga membuat sista akan kenyang lebih lama. Satu lagi yang paling penting adalah kedelai tidak mengandung lemak seperti halnya pada susu sapi.

3. Pencegah kanker
Senyawa yang berperan adalah Isoflavon yang boleh dibilang, hanya terdapat pada kacang kedelai saja. Isoflavon dijuluki estrogen nabati, karena fungsinya yang mendorong metabolisme estrogen. Dalam penelitian skala laboratorium, terbukti senyawa Isoflavon mampu menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker.

4. Alternatif pengganti asupan protein bagi penderita intoleransi laktosa
Penderita intoleransi laktosa bisa berupa mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut lainnya setelah minum susu sapi. Ini pertanda sistem pencernaan tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (lemak susu hewani) dengan baik. Kondisi ini dsebabkan oleh terbatasnya enzim laktase dalam tubuh yang berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna usus.
Sebagai alternatif, susu kedelai dapat dijadikan pengganti susu sapi bahkan minuman pendamping ASI bagi balita. Salah satu kelebihan susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi adalah, tidak adanya laktosa susu. Untuk balita, boleh minum susu kedelai saat telah berusia minimal satu tahun.

5. Membantu mengurangi kadar kolesterol darah
Sari kedelai mampu menghalau kolesterol jahat (LDL), karena kedelai mengandung Lesitin; yang bersifat mengemulsi (melarutkan) kolesterol dalam darah, sehingga tidak ada lagi penyempitan dan penyumbatan. Selain Lesitin, senyawa lain yang dapat menggempur kolesterol adalah Isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan HDL. Penelitian olah America Heart Association menunjukkan konsumsi sari kedelai selama tiga bulan mampu meningkatkan HDL rata-rata 4,7 %.

6. Membantu mencegah Diabetes Melitus
Diabetes Melitus terjadi karena tubuh kekurangan Insulin yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Susu kedelai yang mengandung asam amino Glisin dan Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin. Selain itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima organ ginjal dibandingkan dengan protein hewani. Karena itu Susu Kedelai baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes Melitus.

7. Sebagai Antioksidan
Kedelai memiliki efek sebagai antioksidan karena kandungan gizinya yang sangat tinggi dan mengandung senyawa isoflavon yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa ini juga berperan penting dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi udara.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

  1. anya niapele on February 14, 2013 at 2:07 pm said:

    Aku suka kedelai

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation